PERANCANGAN ALAT PENCETAK MALAM UNTUK MEMBUAT POLA MODEL KLINTING MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCER INGENIEURE (VDI) 2221 (Studi kasus di Sentra Industri Kuningan Ngawen khususnya di lokasi Rantyo Abadi)

Manda Putra, Tri (2017) PERANCANGAN ALAT PENCETAK MALAM UNTUK MEMBUAT POLA MODEL KLINTING MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCER INGENIEURE (VDI) 2221 (Studi kasus di Sentra Industri Kuningan Ngawen khususnya di lokasi Rantyo Abadi). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kawasan sentra industri kuningan Ngawen Godean, khususnya di tempat/lokasi usaha industri UD Rantyo Abadi. Industri kecil menengah dan rumah tangga berusaha membangun diri untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. Dominasi industri- industri skala besar didalam pemanfaatan dan penggunaan mesin-mesin secara otomatis. Pada masa sekarang ini sudah sepantasnya alat-alat produksi yang dimiliki harus dioptimalkan untuk mendukung efektifitas dan efisiensi dari proses produksi. Proses produksi yang dilakukan di sini masih secara manual, salah satunya pada tahap pencetakan model dari malam (wax) untuk klinting. Model malam dicetak satu persatu sampai dengan jumlah 800 sampai 1000 buah model malam dengan waktu 30 detik/buah atau kurang lebih 8,33 jam/1000 buah. Berdasarkan permasalahan, penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan alat pencetak model malam (wax) untuk klinting, agar dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi timbulnya resiko postur kerja. Perancangan dilakukan melalui tahapantahapan sesuai dengan metode Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2221. Hasil observasi, wawancara awal dan kuesioner pendahuluan yang telah dilakukan dikawasan sentra industri Kuningan Ngawen, diperoleh hasil bahwa aktivitas kerja pada alat pencetkan malam tersebut mengenai postur kerja maupun sarana atau fasilitas kerja yang digunakan masih belum sesuai dengan kebutuhan kerjanya, sehingga masih sangat perlu untuk dilakukan tindakan perbaikan. Perancangan alat pencetak malam. Kriteria yang diingkan yaitu alat pencetak malam yang dapat menunjang produktivitas, Alat yang mudah dioperasikan, alat yang ergonomis, dan alat yang awet dan tahan lama. Kriteria alat pencetak malam yang diperoleh dalam penjabaran tugas digunakan sebagai konsep rancangan awal. detik untuk mencetak 1 buah malam model klinting karena memiliki satu pola cetakan malam. Jadi,untuk per 1000 buah pencetakan malam model klinting membutuhkan waktu 8,33 jam. Sedangkan rata-rata waktu proses pencetakan menggunakan alat baru sebesar 11 detik karena memilki dua pola cetakan malam maka dalam satu kali proses cetakan dapat menghasilkan 1 buah malam model klinting. Jadi, untuk per 1000 buah pencetakan malam model klinting membutuhkan waktu 6,66 jam Sehingga pengembangan alat pencetak malam ini dapat menurunkan waktu proses pencetakan. Kata kunci: Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2221, produktivitas, ergonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Sep 2017 04:40
Last Modified: 29 Sep 2017 04:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item