PENGARUH VULKANOSTRATIGRAFI PADA POLA SEBARAN SITUS-SITUS ARKEOLOGIS DI LERENG BARAT G. PENANGGUNGAN, KABUPATEN MOJOKERTO, PROVINSI JAWA TIMUR

Pradhana, Girindra (2017) PENGARUH VULKANOSTRATIGRAFI PADA POLA SEBARAN SITUS-SITUS ARKEOLOGIS DI LERENG BARAT G. PENANGGUNGAN, KABUPATEN MOJOKERTO, PROVINSI JAWA TIMUR. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.oke.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ribgkasan.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

G. Penanggungan adalah gunungapi strato yang secara geografis terletak di 7° 36' 54" S, 112° 37' 12" E dan memiliki ketinggian 1.653 mdpl. G. Penanggungan merupakan gunung api stratoo yang setidaknya memiliki 6 kerucut pasrasiter yang tersebar hampir di semua sisi tubuh G. Penanggungan. Dari hasil penelitian daerah penelitian memiliki 5 satuan geomorfik menurut klasifikasi Van Zudiam (1983) yaitu Kerucut Vulkanik (V1), Lereng Vulkanik Atas (V2), Lereng Vulkanik Tengah (V3), Lereng Vulkanik Bawah (V4), dan Kerucut Parasiter (V5).Daerah telitian memiliki pola pengaliran radial dan pola pengaliran parallel. Dari hasil pengematan batuan di lapangan terdapat 12 satuan litologi yang ada di lereng barat G. Penanggungan itu antara lain Piroklastik Aliran Penanggungan 3 (Pap3), Lava Penanggungan 6 Kedungudi (Pl6), Lahar Penanggungan 3 Masjedong (Plh3), Lava Penanggungan 5Watesnegoro (Pl5), Piroklastik Aliran Penanggungan 2 Masjedong (Pap2), Lava Penanggungan 2Bekel (Pl2), Piroklastik Aliran 1 Bekel (Pap2), Lahar 1 Bekel (Plh 1), Lava Penanggungan 1 Bekel (Pl1), Lava Penanggungan 3 Genting (Pl 3), Lava Penanggungan 4 Bendo (Pl4), Lahar 1 Arjuno Welirang (Alh 1)..Daerah penelitian terdapat di 3 fasies yaitu fasies central, fasies proksimal, dan fasies medial. Dalam 12 situs arkeologi yang ditemukan bahan bangunan candi merupakan bahan jenis lava andesit yang merupakan Lava Penanggungan 5 Watesnegoro dan Lava Bekel serta satu situs candi yang bahan uatama penyusunya adalah piroklastik aliran dengan andesit yaitu candi bayi. Bangunan candi tersebut berada pada fasies proksimal, dan gaya bangunan candi itu mayoritas adalah punden berundak. Bangunan candi/ situs arkeologi ini berdiri diatas satuan Lava Bekel, satuan Lava Penanggungan 5 Watesnegoro, dan satuan Piroklastik Aliran 2 Masjedong.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Sep 2017 08:01
Last Modified: 28 Sep 2017 08:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13024

Actions (login required)

View Item View Item