ESTIMASI CADANGAN BATUGAMPING GUNUNG POKERSO DENGAN METODE CONTOUR DAN METODE CROSS SECTION DI PT. SUGIH ALAMANUGROHO GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

RAHMADHANI HARAHAP, KURNIA (2016) ESTIMASI CADANGAN BATUGAMPING GUNUNG POKERSO DENGAN METODE CONTOUR DAN METODE CROSS SECTION DI PT. SUGIH ALAMANUGROHO GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Image
0001.jpg

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS Halaman.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

PT Sugih Alamanugroho adalah perusahaan pertambangan batu gamping yang berada di Yogyakarta. Saat ini penambangan hanya dilakukan pada Gunung Sidowayah saja sedangkan gunung yang lain belum ditambang. Karena permintaan pasar yang semakin meningkat dan cadangan di Gunung Sidowayah yang semakin sedikit maka dilakukan perhitungan cadangan di Gunung Pokerso, agar setelah cadangan di Gunung Sidowayah habis dapat dilanjutkan ke Gunung Pokerso sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi. Estimasi cadangan pada gunung pokerso PT. Sugih Alamanugroho dilakukan dengan menggunakan Metode Cross Section dan Metode Contour. Batas estimasi dibatasi dari elevasi 425 mdpl – 370 mdpl dan batas SIPD perusahaan tersebut. Adapun pengukuran luas dengan menggunakan bantuan program Autocad 2007. Endapan bahan galian daerah penelitian termasuk dalam Endapan Bahan Galian A berdasarkan klasifikasi menurut Spero Carras. Hasil estimasi cadangan dengan menggunakan Metode Cross Section diperoleh cadangan yaitu sebesar 2.337.315 Ton dan 2.404.033 dengan menggunakan Metode Contour. Dengan sasaran produksi sebesar 40.320 Ton/tahun maka dapat dihitung umur tambang adalah untuk metode Cross Section sebesar 54,57 Tahun (±55 Tahun) sedngkan metode Contour sebesar 56,001Tahun (±56 Tahun).. Klasifikasi cadangan daerah penelitian berdasarkan SNI Amandemen 1-SNI-13-4726-1998 termasuk dalam Cadangan Terbukti ( Proved Reserve ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 May 2016 07:31
Last Modified: 02 May 2016 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item