ANALISIS KINERJA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi pada Pemerintah Kota Yogyakarta Periode 2008-2011)

WIDYAKHARISMA, AKHMAD FUAD (2013) ANALISIS KINERJA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi pada Pemerintah Kota Yogyakarta Periode 2008-2011). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Pemerintah daerah merupakan organisasi sektor publik yang tidak hanya nonprofit oriented, namun juga quasi nonprofit oriented dengan memaksimalkan potensi sumberdaya daerah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Dalam menilai kinerjanya, pemerintah daerah lebih banyak berfokus pada efisiensi biaya dan evaluasi terhadap anggaran pendapatan dan biaya. Sehubungan dengan itu, diperlukan sistem penilaian dan pengukuran kinerja yang komprehensif, Balanced Scorecard adalah salah satu alternatif pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Melalui keempat perspektif yakni finansial, pelanggan/pubik, proses internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan objek Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan mengambil data primer berupa studi pustaka dan data sekunder berupa laporan keuangan dan penyelenggaraan pemerintah selama 4 tahun, yakni periode tahun 2008-2011. Peneliti melakukan analisis deskriptif komparatif secara komulatif dengan melakukan evaluasi kinerja pemerintah daerah antar periode kemudian membandingkan dengan tahun sebelumnya dan kemudian diberi skor sesuai dengan kriteria penilaian kinerja. Aspek pengukuran dari perspektif finansial meliputi pertumbuhan PAD, biaya PAD, rasio efisiensi, rasio efektifitas dan rasio kemandirian daerah. Perspektif pelanggan dengan melihat rasio alokasi belanja dan rasio tingkat pelayanan. Perspektif proses internal dilihat dari rasio persentase penyelesaian pelayanan publik, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat pada perkembangan pelatihan pegawai. Hasil penelitan ini menunjukkan perspektif finansial, pelanggan dan proses internal dinilai baik, sedangkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai masih kurang. Secara komulatif penilaian kinerja dari keempat perspektif Pemerintah Kota Yogyakarta adalah baik. Kata kunci : Organisasi Sektor Publik, Pemerintah Daerah, Kinerja, Balanced Scorecard.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 18 May 2016 01:54
Last Modified: 18 May 2016 01:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item