ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN AUDIOVISUAL GOOGLE

Melati Gahara Harahap, Astrida (2017) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN AUDIOVISUAL GOOGLE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak (Ind-Ing).pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Mengusung kampanye #SelaluTauyangSeru dan melihat tren berwisata yang sedang marak di masyarakat, Google Indonesia ingin menunjukkan bagaimana aplikasi pencarian Google khususnya dengan fitur suara (voice assistant) bisa menjadi asisten yang ideal bagi wisatawan. Google mengajak wisatawan merasakan kemudahan dan keseruan dalam mengeksplorasi dan menggali potensi pariwisata tersembunyi sebuah kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi analisis resepsi. Analisis resepsi merupakan penelitian yang berfokus pada cara-cara dimana penonton memaknai pesan-pesan yang disampaikan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi atas pesan teks yang ditawarkan pada iklan serta menjelaskan posisi pemaknaan dari iklan audiovisual Google “Selalu Tau Liburan yang Seru”. Dari penelitian ini ditemukan tiga posisi pemaknaan terhadap iklan audiovisual Google, yaitu dua informan pada pemaknaan Dominant-Hegemonic, tiga informan pada pemaknaan Negotiated Position, dan tiga informan pada pemaknaan Oppositional Position. Posisi dominan dalam penelitian ini menunjukkan pemaknaan audiens dalam pesan iklan sesuai dengan maksud dan tujuan Google yaitu mengajak wisatawan untuk mengeksplorasi sebuah kota dengan menggunakan fitur suara. Pada posisi negosiasi, audiens menginterpretasi iklan sesuai dengan apa yang ingin disampaikan Google, namun terdapat pendapat lain karena tidak setuju dengan beberapa aspek yang dimaksudkan Google. Sementara posisi berlawanan, audiens memaknai iklan dengan membentuk pemaknaan baru atau membangun penafsiran inti konten yang berbeda dari pemaknaan dominan. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Iklan, Google, Berwisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:34
Last Modified: 26 Sep 2017 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item