ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN AUDIOVISUAL GOOGLE

Harahap, Astrida Melati Gahara (2017) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN AUDIOVISUAL GOOGLE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 3. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak (Ind-Ing).pdf]
Preview
Text
4. Abstrak (Ind-Ing).pdf

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 5.-FULL-SKRIPSI.pdf] Text
5.-FULL-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mengusung kampanye #SelaluTauyangSeru dan melihat tren berwisata yang
sedang marak di masyarakat, Google Indonesia ingin menunjukkan bagaimana
aplikasi pencarian Google khususnya dengan fitur suara (voice assistant) bisa
menjadi asisten yang ideal bagi wisatawan. Google mengajak wisatawan merasakan
kemudahan dan keseruan dalam mengeksplorasi dan menggali potensi pariwisata
tersembunyi sebuah kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi analisis resepsi. Analisis resepsi merupakan penelitian yang
berfokus pada cara-cara dimana penonton memaknai pesan-pesan yang
disampaikan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi atas
pesan teks yang ditawarkan pada iklan serta menjelaskan posisi pemaknaan dari
iklan audiovisual Google “Selalu Tau Liburan yang Seru”. Dari penelitian ini
ditemukan tiga posisi pemaknaan terhadap iklan audiovisual Google, yaitu dua
informan pada pemaknaan Dominant-Hegemonic, tiga informan pada pemaknaan
Negotiated Position, dan tiga informan pada pemaknaan Oppositional Position.
Posisi dominan dalam penelitian ini menunjukkan pemaknaan audiens dalam pesan
iklan sesuai dengan maksud dan tujuan Google yaitu mengajak wisatawan untuk
mengeksplorasi sebuah kota dengan menggunakan fitur suara. Pada posisi
negosiasi, audiens menginterpretasi iklan sesuai dengan apa yang ingin
disampaikan Google, namun terdapat pendapat lain karena tidak setuju dengan
beberapa aspek yang dimaksudkan Google. Sementara posisi berlawanan, audiens
memaknai iklan dengan membentuk pemaknaan baru atau membangun penafsiran
inti konten yang berbeda dari pemaknaan dominan.

Kata Kunci: Analisis Resepsi, Iklan, Google, Berwisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:34
Last Modified: 10 Jul 2024 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item