PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAYAM MERAH (Amaranthus Tricolor L)

KAMAL, MUSTAFA (2017) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAYAM MERAH (Amaranthus Tricolor L). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
3) Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2) Abstrack .pdf

Download (7kB)
[img] Text
5) Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4) Lembar Pengesahan .pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanaman bayam merah merupakan tanaman yang daunnya dikonsumsi sebagai sayuran dan bernilai ekonomis. Tanaman bayam merah masih terbatas produksinya karena kurangnya pemberian pupuk organik. Bayam merah perlu dibudidayakan secara benar dan tepat, salah satunya budidaya tanam secara organik dengan menggunakan media tanam dari bahan organik seperti kompos dan pupuk organik cair. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara perlakuan media tanam dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan untuk menentukan media tanam yang paling tepat dan menentukan konsentrasi pupuk organik cair yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil bayam merah. Penelitian dilaksanakan di kebun Jln.Kaliurang. Metode penelitian merupakan percobaan lapangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 2 faktor yaitu faktor pertama adalah Komposisi Media Tanam yaitu 1:1, 1:2, dan 2:1. Faktor kedua adalah Konsentrasi Pupuk Organik Cair yaitu 10 ml/L, 20 ml/L, dan 30 ml/L. Parameter pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, jumlah akar, volume akar, bobot segar, bobot kering, dan bobot ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara perlakuan komposisi media tanam dan konsentrasi pupuk organik cair. Kombinasi perlakuan (K1P2) memberi pertumbuhan dan hasil bayam merah terbaik. Pemberian media tanam dengan komposisi 1:1 (K1) dapat meningkatkan luas daun. Pemberian pupuk organik cair dengan konsentrasi 20 ml/L (P2) dapat meningkatkan tinggi tanaman umur 3 dan 4 mst. Kata Kunci: Media Tanam, Pupuk Organik Cair dan Bayam Merah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:08
Last Modified: 18 Sep 2017 08:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12900

Actions (login required)

View Item View Item