PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Victoria, Laura (2017) PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI (RTF).pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Profitabilitas yang diukur dengan menggunakan Return on Equity (ROE) serta dampaknya pada Nilai Perusahaan yang diukur dengan menggunakan Price to Book Value (PBV). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 21 data laporan keuangan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012- 2016. Data penelitian merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 21 sampel perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan teknik analisis jalur atau path analysis, kemudian uji t digunakan untuk mengetahui hasil hipotesis secara parsial dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung variabel bebas, terhadap variabel terikat, melalui variabel antara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa H1 : struktur modal (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. H2 : struktur modal (DAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. H3 : struktur (DER) modal berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. H4 : struktur modal (DAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. H5 : profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. H6 : profitabilitas mampu memediasi pengaruh struktur modal (DER) terhadap nilai perusahaan. H7 : profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh struktur modal (DAR) terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi perusahaan berpengaruhnya profitabilitas (ROE) terhadap nilai perusahaan (PBV) menjadi perhatian untuk dapat terus meningkatkan profitabilitas perusahaan agar nilai perusahaan juga meningkat. Kata Kunci : Struktur Modal, DER, DAR, Profitabilitas, ROE, Nilai Perusahaan, PBV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:08
Last Modified: 14 Sep 2017 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12852

Actions (login required)

View Item View Item