KERJASAMA PEMERINTAH DAERAH TAMBRAUW DENGAN WORLD WIDE FUND FOR NATURE (WWF) DALAM PELESTARIAN PENYU BELIMBING DI INDONESIA

KAMBU, SILPA (2017) KERJASAMA PEMERINTAH DAERAH TAMBRAUW DENGAN WORLD WIDE FUND FOR NATURE (WWF) DALAM PELESTARIAN PENYU BELIMBING DI INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Proposal - Baru - revisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan,pengesahan, pernyataan.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penyu belimbing merupakan salah satu spesies reptil terbesar yang masih hidup sampai saat ini. Keberadaannya yang mulai punah menjadikan penyu belimbing ditetapkan sebagai salah satu spesies yang dilindungi baik di tingkat regional hingga internasional. WWF mencatat Indonesia memiliki pantai peneluran penyu belimbing terbesar di samudra pasifik tepatnya di pantai Jamursba-Medi dan Warmon distrik Abun kabupaten Tambrauw, Propinsi Papua Barat. WWF merupakan salah satu organisasi Internasional non pemerintah yang bergerak dibidang konservasi mempunyai peran yang besar dalam upaya perlindungan terhadap penyu belimbing. Salah satu upaya yang dilakukan oleh WWF adalah dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah Daerah Tambrauw dalam bentuk kolaborasi yang didukung dengan pembentukan forum Kolaborasi Pengelolaan Ekosistem Esensial Pantai Peneluran Jamursba-Medi dan sekitarnya oleh Bupati Tambrauw. Pembentukan forum merupakan salah satu wujud Pemerintah Daerah dalam upaya pelestarian penyu belimbing mengingat penyu belimbing merupakan salah satu icon kabupaten Tambrauw. Bentuk kerjasama pemerintah daerah Tambrauw dengan WWF adalah dengan kolaborasi program perlindungan dan pengelolaan penyu belimbing dan pantai penelurannya, kolaborasi program pengawasan dan penegakan hukum, serta kolaborasi program monitoring dan evaluasi. Kolaborasi perlindungan penyu belimbing tidak hanya dilakukan oleh kedua pihak tetapi juga dengan anggota forum lain. Kata Kunci : Penyu Belimbing, Indonesia, Tambrauw, WWF, Organisasi Internasional, Kolaborasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JX International law
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Sep 2017 04:39
Last Modified: 14 Sep 2017 04:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item