GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAN MODEL FASIES FORMASI BATURAJA, LAPANGAN “AJG”, SUB-CEKUNGAN JAMBI, CEKUNGAN SUMATRA SELATAN, BERDASARKAN DATA SUMUR DAN SEISMIK

WULANDARI, AJENG (2017) GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAN MODEL FASIES FORMASI BATURAJA, LAPANGAN “AJG”, SUB-CEKUNGAN JAMBI, CEKUNGAN SUMATRA SELATAN, BERDASARKAN DATA SUMUR DAN SEISMIK. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Formasi Baturaja, Lapangan “AJG”, termasuk dalam Sub-Cekungan Jambi, Cekungan Sumatera Selatan yang berada pada Blok Jambi Merang yang terletak di sebelah selatan Kota Jambi, pada batas antara Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan. Cekungan Sumatera Selatan ini merupakan salah satu cekungan yang cukup prospek dalam proses eksplorasi hidrokarbon yang berupa minyak maupun gas. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan suatu penelitian pada Formasi Baturaja, Lapangan “AJG”, guna mengetahui rangkuman umum fasies pengendapan yang merupakan dasar interpretasi lingkungan pengendapan daerah telitian. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis persebaran fasies dan interpretasi lingkungan pengendapan dengan menggunakan data sumur yang meliputi data core, mud log, dan data log sumur, serta data seismik. Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan, diketahui bahwa formasi pada daerah telitian tersusun atas batugamping yang terbentuk pada Miosen Awal dan terdiri dari litofasies sandy limestone, packstone, wackestone 1, floatstone 1, rudstone 1, framestone 1, rudstone 2, floatstone 2, framestone 2, dan wackestone 2 yang berdasarkan seismik dapat dibedakan menjadi carbonate platform dan carbonate build-up. Daerah telitian ini terdiri atas tiga sikuen yang meliputi sequence boundary 1, transgressive surface 1, maximum flooding surface 1, sequence boundary 2, transgressive surface 2, maximum flooding surface 2, dan sequence boundary 3. Pada daerah telitian, berkembang struktur geologi yang berupa sesar-sesar naik yang berarah relatif barat laut - tenggara (NW – SE) yang terbentuk saat fase kompresi pada megasikuen syn-orogenic/ inversion yang terjadi pada Pliosen – Plistosen. Berdasarkan interpretasi yang dilakukan, lingkungan pengendapan litofasies - litofasies daerah telitian adalah lingkungan reef flat dan reef. Kata Kunci: Fasies Karbonat, Model Fasies, Formasi Baturaja, Cekungan Sumatra Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Sep 2017 05:10
Last Modified: 13 Sep 2017 05:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12830

Actions (login required)

View Item View Item