POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KOMUNITAS MOBIL DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS KELOMPOK ( STUDI PADA KOMUNITAS HONDA CIELO INDONESIA DI JOGJA)

LEDO, REINALDUS RAI NIRE RUTH (2017) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KOMUNITAS MOBIL DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS KELOMPOK ( STUDI PADA KOMUNITAS HONDA CIELO INDONESIA DI JOGJA). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pola komunikasi merupakan proses komunikasi dalam menyampaikan sebuah pesan dari anggota satu kepada anggota lain didalam suatu kelompok.Komunitas Honda Cielo Indonesia di Yogyakarta melakukan suatu pola komunikasi untuk mempertahankan solidaritas kelompoknya, dengan menjalin suatu hubungan yang baik dan solid diperlukan komunikasi yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi komunitas HCI (Honda Cielo Indonesia) Yogyakarta dalam mempertahankan solidaritasnya. Teori penelitian yang digunakan adalah teori konformitas. Metode penelitian yang digunakan dalah kualialitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan interaksi komunikasi Honda Cielo Indonesia berbentuk komunikasi terus menerus/intensitas komunikasi langsung secara terus menerus antar anggota membuat para anggota memiliki rasa kekeluargaan yang kuat sehingga komunitas bisa mempertahankan solidaritas anggota kelompok. Arus komunikasi pada komunitas Honda Cielo Indonesia menggunakan komunikasi satu arah dan dua arah. Jaringan komunikasi komunitas Honda Cielo Indonesia berbentuk skema semua saluran (all channel) dimana setiap anggota dapat saling berkomunikasi dengan pengurus lainnya dalam sebuah pertemuan maupun di luar kegiatan komunitas, dengan adanya pola seperti ini memungkinkan partisipasi anggota secara umum sehingga rasa kekeluargaan diantara sesama anggota dapat selalu terjalin. Kata kunci: Pola Komunikasi, solidaritas kelompok, Komunitas Honda Cielo Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Sep 2017 02:56
Last Modified: 13 Sep 2017 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item