STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA BAHARI (Studi Pada Bidang Pengelolaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih Dalam Memperkenalkan Wisata Bahari Kwatisore, Kabupaten Nabire)

Ningsih, Amalia Retno (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA BAHARI (Studi Pada Bidang Pengelolaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih Dalam Memperkenalkan Wisata Bahari Kwatisore, Kabupaten Nabire). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan pariwisata di Indonesia terus berkembang seiring dengan semakin meningkatkannya minat wisatawan dalam mencari suasana ataupun pengalaman baru di daerah tujuan wisata yang dikunjunginya. Wisata bahari merupakan salah satu sektor pariwisata yang diminati tidak hanya wisatawan dalam negeri tetapi wisatawan mancanegara juga tertarik dengan wisata bahari di Indonesia. Kwatisore merupakan kawasan konservasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang memiliki potensi dalam bidang pariwisata. Wisata Kwatisore saat ini belum seterkenal kawasan wisata lain tetapi telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang memiliki ketertarikan terhadap wisata berbasis alam. Aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata kawasan berjalan sesuai dengan sistem zonasi yang telah ditentukan. Kawasan Kwatisore menerapkan strategi komunikasi pemasaran berkelanjutan dengan konsep ekowisata berbasis masyarakat. Masyarakat ikut serta dalam pengembilan keputusan, pengembangan, dan pengelolaan kawasan. Tujuan dari pengembangan pariwisata berkelanjutan Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Nabire adalah untuk pelestarian lingkungan sesuai dengan fungsi utama kawasan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ekonomi. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta studi pustaka. Dalam penelitian ini validitas data diperoleh dengan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran pariwisata Bidang Pengelolaan Taman Nasional Teluk Cendrawasih ialah pariwisata berkelanjutan dengan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah, swasta dan masyarakat sekitar kawasan. Dinas Pariwisata dan Biro Perjalanan memiliki peran yang cukup besar dalam pengembangan dan promosi pariwisata Kwatisore. selain Dinas Pariwisata dan Biro Perjalanan, masyarakat memiliki peran aktif dalam segala aktivitas pariwisata Kwatisore mulai dari akomodasi dan fasilitas kawasan yang bekerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta. Dalam memperkenalkan kawasan wisata Kwatisore, Bidang Pengelolaan Taman Nasional menggunakan beberapa jenis promosi seperti : periklanan, personal selling, world of mouth markering, direct markering dan publisitas. Aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Nabire terlihat belum maksimal karena kebanyakan wisatawan yang datang mengetahui kawasan Kwatisore bukan dari pihak Bidang Pengelolaan Taman Nasional melainkan dari pihak biro perjalanan. Kata Kunci : strategi komunikasi pemasaran, pariwisata berkelanjutan, Kwatisore

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:06
Last Modified: 06 Sep 2017 04:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item