ANALISIS SISTEM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD ( Studi Kasus Pada Pabrik Gula Madukismo, Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta )

Larasati, Woro Irna (2017) ANALISIS SISTEM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD ( Studi Kasus Pada Pabrik Gula Madukismo, Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02.COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.LEMBAR PENGESAHAN (SCAN).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Abstrak PG Madukismo adalah satu-satunya pabrik gula di Provinsi DI Yogyakarta yang bertugas mensukseskan program pengadaan pangan nasional, khususnya gula pasir. Perusahaan ini masih memiliki kesempatan tumbuh dan berkembang menjadi suatu perusahaan agroindustri yang berbasis tebu dan dikelola secara profesional dan inovatif menghadapi persaingan bebas di era globalisasi dengan petani sebagai mitra sejati. PG Madukismo merupakan perusahaan padat karya yang banyak menampung tenaga kerja dari Provinsi DI Yogyakarta. Sebagai perusahaan padat karya, PG Maduksimo perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawannya dengan cara melakukan pengukuran kinerja untuk mempertahankan kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan cara penilaian objektif yang memfokuskan fakta yang bersifat nyata dan dapat diukur, misalnya kuantitas, kualitas, kehadiran, dan sebagainya. Sedangkan penilaian subyektif yang berupa opini, sikap, kepribadian, penyesuaian diri, dan sebagainya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat diambil suatu perumusan masalah yaitu bagaimana tingkat kinerja sumber daya manusia (karyawan) di PG Madukismo Yogyakarta jika dianalisis dengan Human Resources Scorecard untuk merancang sistem pengukuran kinerja. Menurut hasil perhitungan dengan Metode Human Resources Scorecard, maka didapatkan skor terbobot hasil pengukuran kinerja PG Maduksimo secara komprehensif dari tahun 2014 sampai 2016 secara berurutan adalah 3,330, 3,012, dan 2,882. Artinya, kinerja perusahaan menurun dari tiga tahun belakangan. Hal ini perlu dievaluasi agar kinerja perusahaan tidak terus menurun untuk tahun selanjutnya. Selanjutnya, dapat diambil implikasi bahwa evaluasi terhadap setiap KPI (Key Performance Indicators) dalam Human Resources Scorecard perlu dilakukan secara berkala/periodik. Peningkatan mutu karyawan baik mutu intelegensi (skill) ataupun mutu emosional perlu terus menerus dilakukan. Sebelum merancang segala sesuatu, HR Department perlu terlebih dahulu memahami visi dan misi perusahaan, lalu mengadopsi housekipping dan peran taktis ini agar visi dan misi perusahaan tercapai. Perusahaan perlu melakukan evaluasi secara periodik terhadap kinerja karyawan agar tujuan untuk seluruh perspektif dapat terus meningkat pada tahun selanjutnya. Kata Kunci: Human Resources Scorecard, Expert Choice, Key Performance Indicators

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 31 Aug 2017 07:46
Last Modified: 31 Aug 2017 07:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12698

Actions (login required)

View Item View Item