ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PROVINSI D.I YOGYAKARTA TAHUN 2010-2015

Wahyu Adi, Rizal (2017) ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PROVINSI D.I YOGYAKARTA TAHUN 2010-2015. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
2). ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
3). COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
4). LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5). DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi D.I Yogyakarta dengan menggunakan Analisis Rasio Keuangan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi D.I Yogyakarta tahun anggaran 2010-2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diolah adalah Ringkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran Provinsi D.I Yogyakarta 2010 – 2015 yang didapatkan dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi D.I Yogyakarta. Analisis yang digunakan untuk menganalisis Kinerja Keuangan Daerah adalah dengan menghitung Rasio Efektivitas, Rasio Pertumbuhan, Rasio Kemandirian, Rasio Derajat Desentralisasi, dan Rasio Ketergantungan Keuangan Daerah. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis Kinerja Keuangan Daerah dapat disimpulkan, bahwa tingkat Efektivitas pengelolaan keuangan daerah Provinsi D.I Yogyakarta dalam menjalankan tugasnya terbilang sangat Efektif. tingkat pertumbuhan pendapatan Provinsi D.I Yogyakarta mengalami kenaikan yang positif. Hal ini menunjukkan pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta mengalami peningkatan kinerja. pola hubungan tingkat kemandirian daerah Provinsi D.I Yogyakarta berada pada kriteria Delegatif yang artinya bahwa kemandirian daerah dalam membiayai sendiri kegiatan pemerintahanya. Tingkat kriteria Derajat Desentralisasi Pemerintah Daerah Provinsi D.I Yogyakarta di kategorikan sangat baik dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah guna membiayai pembangunan yang berada di daerah. Berdasarkan Rasio Ketergantuangan Kuangan Daerah, hal ini dapat mengindikasikan bahwa kinerja pemerintah daerah Provinsi D.I Yogyakarta tingkat kemampuan dalam melaksanakan otonomi daerahnya masih cukup tinggi ketergantungannya terhadap pemerintah pusat. Kata kunci: Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Aug 2017 06:37
Last Modified: 31 Aug 2017 06:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item