LAPORAN TUGAS AKHIR UNIT AMONIA DEPARTEMENT OPERASI PUSRI-IV PT PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG “Menghitung Neraca Massa dan Neraca Panas di Primery Reformer (101-B) Plant Amonia Pabrik PUSRI IV secara design dan aktual”

Christ Widhi, I Wayan (2017) LAPORAN TUGAS AKHIR UNIT AMONIA DEPARTEMENT OPERASI PUSRI-IV PT PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG “Menghitung Neraca Massa dan Neraca Panas di Primery Reformer (101-B) Plant Amonia Pabrik PUSRI IV secara design dan aktual”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang menjadi perusahaan yang menyediakan pupuk untuk petani di pelosok Nusantara. PT. Pupuk Sriwidjaja sangat menggantukan proses produksi pupuk terhadap ketersediaan bahan baku. Bahan baku pebuatan urea adalah ammonia (NH3) dan Karbondioksida (CO2). Kedua bahan baku ini juga di produksi oleh Pupuk Sriwidjaja di Unit Amonia. Sebagai salah satu unit yang menjalankan proses vital, Unit Primery Reforming perlu dievaluasi. Proses evaluasi ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan usia pabrik secara keseluruhan yang telah beroperasi selama lebih dari tiga puluh tahun. Kinerja reaksi dan efisiensi panas merupakan hal yang dapat diuji sebagai gambaran kinerja pabrik apakah masih sesuai dengan kinerja pabrik sesuai kondisi design awal untuk mencapai konversi tertentu. Hasil perhitungan secara design terlihat bahwa efisiensi panas bernilai 98.42% yang mana artinya panas yang terbuang dari hasil pembakaran telah dimanfaatkan dengan baik dan memberikan efisiensi panas alat yang baik. Efisiensi seperti ini yang diharapkan agar pabrik tidak mengalami kerugian dari segi ekonomi. Kemudian untuk data aktual yang dia ambil pada tanggal 15 Maret 2017 menunjukan angka efisiensi panas sebesar 92.08% dengan Rate gas 58% artinya terjadi penurunan efisiensi karena turunnya angka rate pabrik sedangkan bahan bakar untuk membakar tetap sehingga terjadi pemborosan atau penurunan efisiensi panas kira-kira 6% dari seharusnya design.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:58
Last Modified: 30 Aug 2017 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item View Item