PENENTUAN LOKASI GUDANG CABANG UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PENGIRIMAN DENGAN METODE GRAVITY LOCATION MODELS ( Studi Kasus Pada CV Lima Roti Dua Ikan, Tirtoadi, Sleman, Yogyakarta )

JAYANTI, YULI (2017) PENENTUAN LOKASI GUDANG CABANG UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PENGIRIMAN DENGAN METODE GRAVITY LOCATION MODELS ( Studi Kasus Pada CV Lima Roti Dua Ikan, Tirtoadi, Sleman, Yogyakarta ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02. COVER.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan model gravitasi untuk mengevaluasi dan menentukan lokasi untuk distributor pada studi kasus di CV Lima Roti Dua Ikan, sebuah perusahaan dibidang makanan ringan di Godean, Yogyakarta. CV Lima Roti Dua Ikan adalah perusahaan yang memproduksi makanan ringan, yaitu keripik dengan merk dagang “Van Landa”. Perusahaan mempunyai 4 distributor dan bermaksud mendirikan gudang untuk mempermudah pendistribusian produk ke setiap distributor dan toko dengan meminimalkan biaya transportasi. Selama tahun 2016, total biaya pengiriman produk keripik kentang “Van Landa”cukup besar, yaitu sebesar Rp 769.457.594,00. Untuk memproses model gravitasi, koordinat setiap distributor dan data jumlah permintaan menggunakan data selama periode satu tahun. Metode yang digunakan untuk menentukan pendirian suatu lokasi fasilitas adalah Gravity Location Models (metode gravitasi). Tujuan dari metode ini adalah untuk mendapatkan lokasi yang meminimalkan biaya-biaya transportasi bahan baku dari supplier ke pabrik dan biaya-biaya transportasi dari pabrik ke pasar. Hasil perhitungan menggunakan model gravitasi ini ditemukan titik koordinat untuk gudang cabang terletak pada koordinat (X,Y) -8,699 dan 3,899. Total biaya pengiriman yang dikeluarkan untuk mengirim keripik kentang “Van Landa” dari pabrik ke distributor melalui gudang cabang adalah sebesar Rp 477.809.699,00per tahun dan total biaya pengiriman yang dikeluarkan untuk mengirim produk keripik kentang “Van Landa”dari pabrik ke distributor tanpa melalui gudang adalah sebesarRp 769.457.594,00per tahun. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa mengirim produk keripik kentang “Van Landa” melalui gudang mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada mengirim produk keripik kentang “Van Landa” tanpa melalui gudang. Oleh karena itu, untuk saat ini perusahaan belum memerlukan gudang untuk mengirim produk keripik kentang “Van Landa”. Kata kunci: Gravity Location Models, Gudang, Minimasi Biaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:29
Last Modified: 30 Aug 2017 02:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12680

Actions (login required)

View Item View Item