PENAKSIRAN SUMBERDAYA DAN CADANGAN BATUBARA PADA PERENCANAAN PENAMBANGAN DENGAN METODE AUGER DI PIT – J PT. KALTIM PRIMA COAL KUTAI TIMUR KALIMANTAN TIMUR

DARMAWAN, EGA (2017) PENAKSIRAN SUMBERDAYA DAN CADANGAN BATUBARA PADA PERENCANAAN PENAMBANGAN DENGAN METODE AUGER DI PIT – J PT. KALTIM PRIMA COAL KUTAI TIMUR KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

PT. Kaltim Prima Coal adalah salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang bergerak pada bidang pertambangan batubara. Area penambangan yang dimiliki oleh PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC) seluas 90.960 ha yang berlokasi di Sangatta dan Bengalon, Kalimantan Timur. Permasalahan pada penelitian ini adalah Sehubungan dengan mulai terbatasnya sistem penambangan terbuka (Pit Limit), khususnya Pit-J. Oleh karena itu sangat disayangkan bila area Pit-J tersebut hanya ditimbun begitu saja mengingat masih adanya seam-seam batubara yang masih dapat dioptimalkan untuk ditambang. Guna mendukung hal tersebut maka perlu ditunjang perencanaan tambang yang baik yaitu dengan menggunakan metode Auger di daerah dindingdinding Highwall dari Pit-J serta outcrop yang dinilai berpotensi untuk ditambang. Untuk mengetahui besarnya sumberdaya batubara yang masih terkandung di Pit-J PT. Kaltim Prima Coal, maka perlu dilakukan pemodelan batubara untuk selanjutnya dapat dilakukan tahapan perencanaan penaksiran cadangan batubara pada perencanaan penambangan dengan metode Auger. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah : a) Parameter – parameter geometri batubara terdiri dari 6 poin. b) Terdapat 20 seam yang dilakukan penaksiran dengan menggunakan Metode Cross Section dengan Pedoman Rule of Gradual Change. Hasil penaksiran sumberdaya batubara tersebut menghasilkan sumberdaya terukur sebesar 6.340.859,161 Ton. c) Didapatkan 9 seam yang direncanakan untuk penambangan dengan metode Auger. Seam-seam tersebut adalah : Seam P2, NU, PN, MD, B2 BN, PU, PL, L2. d) Dari pengolahan data dari metode tersebut, didapatkan volume rencana penambangan sebesar 1.622.860 Ton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:57
Last Modified: 21 Aug 2017 06:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item