WEB SEMANTIK DENGAN MENGGUNAKAN MAPPING OTOMATIS DARI DATABASE MYSQL 5.6 KE PROTEGE 4.3, TURTLE ONTOLOGY, D2RQ, JENA, DAN NETBEANS 7.4 (Studi Kasus : Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta)

Ningsih, Widiatmi (2017) WEB SEMANTIK DENGAN MENGGUNAKAN MAPPING OTOMATIS DARI DATABASE MYSQL 5.6 KE PROTEGE 4.3, TURTLE ONTOLOGY, D2RQ, JENA, DAN NETBEANS 7.4 (Studi Kasus : Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAM PEMBIMBING.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Perkembangan web dimulai dari web generasi 1.0 dimana sifat dari web generasi 1.0 adalah read only. Sifat dari web generasi 2.0 adalah read-write. Perkembangan web selanjutnya adalah web generasi 3.0 dimana tidak lagi berfokus pada informasi dan penyebaran jejaring tetapi sudah ke arah sharing knowledge. Web generasi 3.0 dikenal dengan nama semantik web. Perkembangan web pada saat ini sudah pada web generasi 4.0 yang sudah ke arah pragmatis web. Tugas akhir ini fokus pada web generasi 3.0 belum pada web generasi 4.0 karena arah riset ke arah semantik web masih sangat kurang sehingga peneliti ingin memberikan kontribusi knowledge kepada web generasi 3.0 khususnya di Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta. Masalah yang dialami adalah migrasi informasi ke pengetahuan atau dengan kata lain migrasi dari web generasi 2.0 ke web generasi 3.0 yaitu pengelolaan knowledge. Jumlah data yang cukup besar ini sangat mempengaruhi proses migrasi data dimana diketahui bahwa teknologi semantik web RDF/OWL belum tekoneksi dengan MySQL. Inilah yang akan menjadi fokus penelitian dalam tugas akhir ini yaitu membuat jembatan interoperability dari level informasi ke level knowledge. Mengatasi permasalahan perpindahan informasi ke level knowledge dalam semantik web, yang pertama melakukan generate-mapping yaitu memindahkan database MySQL dengan mesin D2RQ untuk menghasilkan format turtle (.ttl) file. Kedua melakukan dump RDF/OWL yaitu mengubah format turtle (.ttl) menjadi protégé (.owl). Pembuatan web interface pada web generasi 3.0 ini memerlukan jembatan yang digunakan untuk memasukkan data yang mempunyai format (.owl). Library yang digunakan berupa Jena Library dan NetBeans 7.4. Metodologi yang digunakan pada tugas akhir ini adalah Unified Modelling Language (UML). Pada perancangan ontologi menggunakan On-To-Knowledge (OTK). Untuk pengolahan pengetahuan pada tugas akhir ini menggunakan Protégé 4.3, bahasa pemprograman yang digunakan adalah bahasa JSP dan Jena Library, untuk pembangunan perangkat lunak menggunakan NetBeans 7.4. Dari hasil analisis dan perancangan telah berhasil dibangun sebuah model ontologi dan sebuah semantic web search pada manajemen pusat pelayanan kesehatan masyarakat Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta pada modul rawat jalan pasien. Kata Kunci: Semantik Web, Mapping, MySQL, Protégé, Turtle Ontology, D2RQ, Jena, Netbeans

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:10
Last Modified: 16 Aug 2017 08:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item