PENGEMBANGAN APLIKASI DATA MINING UNTUK ANALISIS KEBUTUHAN OBAT MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES (STUDI KASUS : RST DR. SOEDJONO MAGELANG)

FADDALAH, YONNY (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI DATA MINING UNTUK ANALISIS KEBUTUHAN OBAT MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES (STUDI KASUS : RST DR. SOEDJONO MAGELANG). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak yonie.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover yonie.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi yonie.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan yonie.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Persedian obat dan alat kelengkapan farmasi merupakan hal yang sangat vital dalam kegiatan operasional rumah sakit. Dengan menggunakan analisis kebutuhan stok obat memungkinkan untuk memprediksi kebutuhan stok di masa mendatang. Dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi data mining untuk mendukung proses analisis kebutuhan stok obat menggunakan perhitungan teorema bayes yang dapat dipergunakan oleh RST Dr. Soedjono Magelang dengan memanfaatkan data mentah berupa rekapitulasi pencatatan transaksi obat per bulan dan tahun. Aplikasi data mining yang dikembangkan menggunakan pemodelan berbasis statistika yaitu menggunakan teorema bayes. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan sistem manajemen basis data mempergunakan Mysql server. Proses pengembangan aplikasi data mining dilakukan sesuai dengan metode CRISP DM. Pengembangan aplikasi data mining yang dihasilkan mampu menganalisis kebutuhan stok obat untuk satu bulan tertentu yang dilengkapi dengan fitur laporan dan grafik, serta informasi yang dihasilkan dapat dibaca dan dipahami dengan mudah oleh pengguna. Teknik ini berguna untuk menghasilkan informasi tersembunyi dari data yang jumlahnya sangat besar sehingga mudah melakukan analisis kebutuhan stok obat. Secara umum dapat dikatakan bahwa pengembangan aplikasi data mining yang dikembangkan sudah dapat dipergunakan oleh RST Dr. Soedjono Magelang dalam menganalisis kebutuhan stok obat. Namun untuk hasil yang optimal, disarankan untuk mengintegrasikan dengan sistem yang dipergunakan saat ini, tentu saja dengan beberapa penyesuaian yang harus dilakukan. Kata Kunci : Pengembangan aplikasi, analisis kebutuhan stok obat, data mining, CRISP-DM,teoremabayes

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Aug 2017 05:45
Last Modified: 14 Aug 2017 06:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item