KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA TAMBANG BATU GAMPING PT. SUGIH ALAMANUGROHO KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAKATA, GILANG (2017) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA TAMBANG BATU GAMPING PT. SUGIH ALAMANUGROHO KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan daya upaya yang terencana untuk mencegah terjadinya musibah kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh pihak perusahaan, karena dengan adanya jaminan keselamatan dan kesehatan kerja kinerja karyawan akan lebih meningkat. Dalam melaksanakan kegiatan penambangan diwajibkan mematuhi peraturan-peraturan keselamatan kerja dari Direktorat Jendral Geologi dan Sumber Daya Mineral, ketentuan-ketentuan keselamatan kerja dari pemerintah, maka dari itu dilakukan pengkajian mengenai keselamatan dan kesehatan kerja yang ada di perusahaan pertambangan batugamping PT. Sugih Alamanugroho, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan utama dalam penelitian yang dilakukan di PT. Sugih Alamanugroho pada penambangan batugamping adalah menghitung tingkat resiko kecelakaan kerja, menganalisis dan evaluasi hal-hal yang sering menyebabkan kecelakan kerja, dan mengevaluasi kinerja manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Kecelakaan kerja terjadi pada area pemuatan, area tersebut adalah area yang sangat rawan dengan kecelakaan kerja karena merupakan daerah rawan kondisi kerja tidak aman seperti kurangnya safety sign dan tindakan kerja tidak aman seperti banyaknya pekerja yang mengabaikan alat perlindungan diri. Kecelakaan kerja pada area ini tahun 2012-2016 terdapat 1 cedera berat. Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan dapat diambil keseimpulan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja pada PT. Sugih Alamanugroho sudah baik walaupun belum maksimal. Ada beberapa hal yang harus di perbaikin seperti perbaikan pada area yang masih memiliki kondisi kerja tidak aman dan tindakan kerja tidak aman, perbaikan dan peningkatan kinerja pada manajemen K3, melakukan sosialisasi dan pembinaan pada pekerja yang memiliki pendidikan rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:45
Last Modified: 07 Aug 2017 04:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item