KAJIAN PENERAPAN PROGRAM KESEHATAN KESELAMATAN KERJA MENGENAI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN PADA PENIMBUNAN BAHAN BAKAR MINYAK PT. PERTAMINA PERSERO TERMINAL BAHAN BAKAR MINYAK (TBBM) TASIKMALAYA JAWA BARAT

GUSTIADI, KARISMAN (2017) KAJIAN PENERAPAN PROGRAM KESEHATAN KESELAMATAN KERJA MENGENAI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN PADA PENIMBUNAN BAHAN BAKAR MINYAK PT. PERTAMINA PERSERO TERMINAL BAHAN BAKAR MINYAK (TBBM) TASIKMALAYA JAWA BARAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Kebakaran merupakan kejadian yang mengakibatkan kerugian berupa nyawa atau harta benda serta dapat terjadi dimana saja. Salah satu kebakaran yang paling fatal adalah yang terjadi disektor industri karena hal ini mengganggu kelangsungan kegiatan operasional dan produksi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem proteksi kebakaran di PT. Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan sistem foam monitor and handlines bertujuan untuk menganalisis kebutuhan busa dan air yang diperlukan untuk menanggulangi apabila terjadinya kebakaran pada tangki penimbunan yang berjumlah 11 tangki yang terdiri dari tangki Pertamax, Premium, Solar, Kerosine dan Pertalite. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu jumlah kebutuhan busa dan air yang digunakan apabila terjadinya kebakaran pada area tersebut terjadi yaitu sebesar 15.381,97 L busa dan 497.350,30 L air. Kapasitas tampung busa sebesar 17.000 L dan kapasitas tampung bak penampung air sebesar 597.000 L sehingga dengan kapasitas tampung tersebut dapat memenuhi kebutuhan busa dan air untuk sistem proteksi kebakaran yang diterapkan perusahaan. Katakunci: sistem proteksi kebakaran, busa, air.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:07
Last Modified: 07 Aug 2017 03:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item View Item