ANALISIS STRATEGI PEMBANGUNAN DESA WISATA DENGAN METODE SWOT (Studi Kasus di Sentra Pengrajin Keris Dusun Banyumurup, Desa Girirejo, Kabupaten Bantul)

Hardiyanto, Agus (2017) ANALISIS STRATEGI PEMBANGUNAN DESA WISATA DENGAN METODE SWOT (Studi Kasus di Sentra Pengrajin Keris Dusun Banyumurup, Desa Girirejo, Kabupaten Bantul). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER (ADA NOMER TUGAS AKHIR).pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar isi.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yogyakarta banyak memiliki potensi wisata baru, salah satunya adalah sentra pengrajin keris Banyumurup yang telah mengembangkan kerajinan tersebut sejak tahun 1950-an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi wisata yang dimiliki Dusun Banyumurup dan merancang strategi pengembangan desa wisata. Metode yang digunakan untuk mengetahui strategi pengembangan yaitu melalui analisis SWOT dengan cara menganalisis faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dengan matriks EFAS dan IFAS. Matriks EFAS (External Factor Analysis Summary) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berupa peluang dan ancaman yang dihadapi. Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian diketahui total nilai tertimbang matriks IFAS pengunjung sebesar 2,5073 . Total nilai tertimbang EFAS pengunjung sebesar 2,221. Faktor internal yang dimiliki yaitu suasana khas pedesaan, melihat proses pembuatan keris, pemandangan alam yang indah, keramahan masyarakat, terdapat bangunan bersejarah. Sedangakan faktor eksternal yaitu melestarikan budaya Jawa, meyerap tenaga kerja, pemanfaatan teknologi untuk media promosi, kesan positif dari wisatawan yang pernah berkunjung, perluasan segmen wisatawan dari berbagai minat seperti fotografi, pendidikan atau penelitian. Kata kunci: Desa Wisata, Analisis SWOT, Dusun Banyumurup x ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:13
Last Modified: 03 Aug 2017 04:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item