PROFESIONALISME WARTAWAN SKH KEDAULATAN RAKYAT DALAM MELAKUKAN PEMBERITAAN (Mix Method Analisis Isi pada Halaman Utama SKH Kedaulatan Rakyat Periode 1-31 Mei 2016 dan Wawancara)

MARTONO, ILDA NIAMAWARNI (2017) PROFESIONALISME WARTAWAN SKH KEDAULATAN RAKYAT DALAM MELAKUKAN PEMBERITAAN (Mix Method Analisis Isi pada Halaman Utama SKH Kedaulatan Rakyat Periode 1-31 Mei 2016 dan Wawancara). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laporan Dewan Pers tahun 2012 menunjukkan bahwa wartawan media cetak merupakan pihak yang paling banyak diadukan oleh masyarakat. Media memiliki peran yang besar dalam menjaga kepentingan umum. Atas dasar itulah penting mengetahui sejauh mana profesionalisme wartawan dalam melakukan pemberitaan. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui isi pemberitaan halaman utama SKH Kedaulatan Rakyat periode 1-31 Mei 2016. (2) Mengetahui sejauh mana profesionalisme wartawan SKH Kedaulatan Rakyat dalam melakukan pemberitaan. Metode yang digunakan adalah metode campuran sekuensial eksplanatori dengan menggabungkan metode analisis isi dan wawancara. Hasil analisis isi menunjukkan 5 poin Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang dilanggar pada pemberitaan di halaman utama SKH Kedaulatan Rakyat periode 1-31 Mei. Poin tersebut terkait dengan keberimbangan, akurasi, penggunaan kata yang bias makna, penyebutan identitas korban kekerasan seksual, dan ketidakterwakilan isu politik lokal. Hasil wawancara menunjukkan kebijakan redaksional menjadi aspek yang penting bagi wartawan dalam menerapkan KEJ. Penelitian ini juga membuktikan bahwa wartawan sebagai level terendah dalam organisasi media, patuh terhadap kebijakan redaksional dan etika internal perusahaan, namun kebijakan dan etika perusahaan SKH Kedaulatan rakyat belum sesuai dengan kode etik jurnalistik. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemahaman kode etik seharusnya dimulai dari level teratas organisasi media. Kata Kunci: profesionalisme, wartawan, Kedaulatan rakyat, KEJ, media cetak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:06
Last Modified: 31 Jul 2017 04:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12517

Actions (login required)

View Item View Item