DEWATERING UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN RUANG TIMBUN BACKFILLING DI TAMBANG BANKO BARAT PIT 1 TIMUR PT.BUKIT ASAM (PERSERO) TBK MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

PERMANA, DEO (2017) DEWATERING UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN RUANG TIMBUN BACKFILLING DI TAMBANG BANKO BARAT PIT 1 TIMUR PT.BUKIT ASAM (PERSERO) TBK MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Lembar Pengesahan.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Ringkasan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Bukit Asam (Persero),Tbk. memiliki site tambang terbuka di Tanjung Enim. Penambangan dilakukan dengan mengggunakan metode backfilling pada Pit 1 Timur di Banko Barat. Bentuk Pit menyisakan void ditengahnya bisa menampung air yang masuk ke Pit. Kegiatan backfilling sangat bergantung pada tersedianya ruang untuk penimbunan. Sumuran tidak bisa langsung ditimbun karena air yang ada didalamnya bisa keluar dan mengganggu kegiatan penambangan. Situasi seperti ini menjadikan kegiatan dewatering di Pit 1 Timur sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan penimbunan. Perlu dilakukan kajian untuk menentukan jumlah pompa beserta perlengkapannya agar dewatering bisa dilakukan dengan optimal dan efektif. Menggunakan distribusi Gumbell untuk menghitung intensitas hujan rencana hingga diperoleh debit air yang masuk ke lokasi Pit 1 Timur sebesar 25.514,48 m3/jam. Ketersediaan pompa dan perlengkapan dari perusahaan, kemampuan pompa dan shift kerja, memungkinkan adanya 3 alternatif pemompaan yang bisa digunakan. Semua skenario pemompaan menggunakan dua unit pompa yang disediakan, 2 unit pompa Sulzer 385 NS yang dioperasikan dalam jangka waktu berbeda. Skenario pertama mengoperasikan pompa secara bersamaan selama 16 jam, dengan waktu istirahat selama 8 jam. Skenario kedua mengoperasikan pompa masing-masing selama 8 jam secara bergantian dengan total waktu pemompaan perhari selama 16 jam. Skenario ketiga mengoperasikan pompa secara bersamaan selama 20 jam dengan waktu istirahat 4 jam. Ketiga skenario diatas sama-sama menggunakan pipa HDPE PE 100 diameter 250 PN 16. Kegiatan dewatering dapat dilakukan selama 6 hari dengan menggunakan alternatif pertama. Pemilihan skenario pemompaan yang akan dilakukan mempertimbangan waktu yang disediakan perusahaan untuk melakukan pemompaan dan kinerja pompa. Kinerja pompa diharapkan bisa optimal agar mendukung backfilling. Sebaiknya disediakan cadangan pompa dan perlengkapan untuk berjaga-jaga bila pompa rusak demi keselarasan antara penggalian dan penimbunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:51
Last Modified: 31 Jul 2017 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item