KEGAGALAN KOLOMBIA MEMPERTAHANKAN KEPULAUAN SAN ANDREAS DARI KLAIM NIKARAGUA DALAM KEPUTUSAN MAHKAMAH INTERNASIONAL TAHUN 2012

ELFANY K.N, MEY (2017) KEGAGALAN KOLOMBIA MEMPERTAHANKAN KEPULAUAN SAN ANDREAS DARI KLAIM NIKARAGUA DALAM KEPUTUSAN MAHKAMAH INTERNASIONAL TAHUN 2012. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Negara akan melakukan berbagai upaya untuk mencapai maupun melindungi kedaulatannya. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh konsep geopolitik untuk mendapatkan perluasan wilayah serta peningkatan kekuatan hingga berpotensi pada munculnya suatu konflik atau sengketa wilayah seperti yang terjadi pada Kolombia dan Nikaragua dimana terdapat perbedaan serta tumpang tindih klaim atas wilayah maritim San Andres yang selama berpuluh-puluh tahun lamanya dimiliki Kolombia. Kemudian sengketa tersebut berusaha diselesaikan melalui cara-cara damai yakni dengan cara-cara diplomasi hingga ke Pengadilan Internasional (Internatioal Court of Justice). Akhirnya setelah melalui beberapa tahap penyelesaian sengketa, klaim atas wilayah maritim San Andres dimenangkan oleh Nikaragua. Melalui pengamatan pada upaya penyelesaian diplomasi dan hukum yang dilakukan, penelitian ini akan menjelaskan sebab-sebab apa saja yang menyebabkan Kolombia gagal dalam mempertahankan kedaulatannya sehingga memenangkan Nikaragua atas klaimnya. Kata Kunci: Kolombia vs Nikaragua, sengketa wilayah, geopolitik, diplomasi, negosiasi, Mahkamah Internasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JX International law
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:32
Last Modified: 28 Jul 2017 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item View Item