MANAJEMEN KOMUNIKASI “MARI BLAJAR GALERI” DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PELAJAR DI KENDAL

Setyanto, Arif Budi (2017) MANAJEMEN KOMUNIKASI “MARI BLAJAR GALERI” DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PELAJAR DI KENDAL. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Usia pelajar SMA umumnya yaitu 15-18 tahun, dalam usia seperti ini ada faktor pendorong atau penguat yang mempengaruhi tindakannya, yaitu antara lain tokoh masyarakat, teman atau kelompok sebaya, peraturan, undang-undang, surat keputusan dari para pejabat pemerintahan daerah atau pusat. Selian itu, agar perilakunya tidak menyimpang, pelajar butuh wadah atau tempat ekspresi. “Mari Blajar Galeri” merupakan galeri yang berdiri tahun 2013. berdirinya galeri ini karena melihat kondisi pelajar di Kendal yang dinilai kurang dengan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat. “Mari Blajar Galeri” menggunakan manajemen komunikasi untuk memfasilitasi pelajar agar mengurangi perilaku kenakalan remaja serta meningkatkan kreativitas mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji manajemen komunikasi yang dilakukan “Mari Blajar Galeri” dalam meningkatkan kreativitas pelajar di Kendal. Jenis peneilitian yang digunakan adalah kualitatif dan data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, mendeskripsikan manajemen komunikasi “Mari Blajar Galeri” yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan wujud komunikasi serta evaluasi. Perencanaan dilakukan untuk memberikan informasi dan mengajak pelajar datang ke galeri, setelahnya dilakukan pengorganisasian oleh tim “Mari Blajar Galeri” dalam penyampaian pesannya, dalam pelaksanaan diwujudkan dengan komunikasi kelompok dan interpersonal serta evaluasi untuk melihat penyampaian pesan dan program berhasil atau tidak. “Mari Blajar Galeri” memanfaatkan fungsi manajemen dan mengunakan wujud komunikasi kelompok serta interpersonal untuk meningkatkan kreativitas pelajar. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Interpersonal, Kreativitas. xi v ABSTRACT Age of Student’s senior high school is about 15-18 years old, for this situation there is incentive factor to influence their behavior, among other public figure, friends or group, rule, constitution, decree from functionary goverment. Expect that, to make their behavior not deviate, student need a place to show their expression. “Mari Blajar Galeri” is a galery established since 2013. the establihment this galery because view student condition in Kendal considered lack of place to develop their interest and talent. “Mari Blajar Galeri” used management of communication to facilitate student reduced juvenile delinquency and improve their creativity. This study was conducted to assess management of communication which is conducted by “Mari Blajar Galeri” to improve the student creativity in Kendal. The type of this study is qualitative methods and the data obtained throught observation, interview, literature and documentary. The result of this study, describe management of communication by “Mari Blajar Galeri”, from plan, organizing, actuating there are used a form of communication and evaluation. Plan does to inform and persuasif student to come in galery, after that organizing does by “Mari Blajar Galeri” to inform a message, in actuating there are use communication group and interpersonal and evaluation to see that inform a message to student succes or not. “Mari Blajar Galeri” make use of function management and used form of communication group and interpersonal to improve student creativ mentally. Keyword :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:02
Last Modified: 26 Jul 2017 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item