KONSTRUKSI BERITA PANAMA PAPERS DI TEMPO.CO (Analisis Framing Tentang Pemberitaan Panama Papers di Portal Berita Tempo.co Pada Edisi Bulan April - Oktober 2016)

GUSTIAWAN, BAMBANG (2017) KONSTRUKSI BERITA PANAMA PAPERS DI TEMPO.CO (Analisis Framing Tentang Pemberitaan Panama Papers di Portal Berita Tempo.co Pada Edisi Bulan April - Oktober 2016). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. cover pdf.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK pdf.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI pdf.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Munculnya kasus kebocoran data keuangan terbesar di Panama atau disebut dengan Panama Papers menjadi perhatian serius karena melibatkan nama-nama besar orang Indonesia. Berbagai media massa banyak yang memberitakan persoalan tersebut dengan bermacam-macam sudut pandang yang dikonstruksikan ke dalam sebuah frame berita. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana Panama Papers kemudian dibingkai kedalam portal berita Tempo.co. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis framing yang dikembangkan oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang terbagi dalam empat struktur, yaitu sintaksis (cara wartawan menyusun fakta), skrip (cara wartawan mengisahkan fakta), tematik (cara wartawan menuliskan fakta) dan retoris (cara wartawan menekankan fakta). Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah berita-berita dari portal berita Tempo.co edisi bulan April hingga Oktober 2016 yang berisi seputar Panama Papers. Hasil penelitian ini memperoleh tiga kesimpulan penting, pertama portal berita Tempo.co memiliki pandangan yang berpihak kepada masyarakat dan kepentingan umum, terlihat dari kecenderungan pemberitaan yang sedikit banyak mengkritik pemerintah. Kedua, konstruksi yang dibangun oleh portal berita Tempo.co adalah dengan penempatan posisi narasumber dalam berita. Narasumber yang mewakili frame media ditempatkan lebih dominan pada paragraf awal begitupun sebaliknya. Ketiga, sebagai media yang independen dan bebas dari segala tekanan, Tempo.co konsisten mengkonstruksikan Panama Papers dengan sudut pandang yang mengkritik kinerja pemerintah untuk menjadi lebih baik lagi. Hal itu sesuai dengan misi yang dicanangkan Tempo.co sebagai pemandu jalannya pers yang bebas bertanggungjawab. Kata Kunci: Panama Papers, Tempo.co, Konstruksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:25
Last Modified: 24 Jul 2017 02:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12429

Actions (login required)

View Item View Item