EVALUASI PELAKSANAAN PENANGGULANGAN PIPA TERJEPIT PADA SUMUR “XSY-8” TRAYEK 6” LAPANGAN “XSY”

Annisa, Narumi Nurul (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PENANGGULANGAN PIPA TERJEPIT PADA SUMUR “XSY-8” TRAYEK 6” LAPANGAN “XSY”. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pipa terjepit pada Sumur XSY-8 Trayek 6” pada Lapangan XSY terjadi pada kedalaman 7655 ft MD setelah rangkaian BHA masuk kedalam lubang pemboran setelah mengalami pergantian BHA. Untuk membebaskan rangkaian dari jepitan dilakukan beberapa usaha penanggulangan salah satunya spotting fluid, namun usaha ini menyebabkan string plugged atau packed off. Permasalahan dari skripsi ini adalah optimal tidaknya pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit jenis key seat pada Sumur XSY-8 Trayek 6” di Lapangan XSY. Metodologi yang digunakan dalam penyelesaian masalah ini dimulai dengan mengumpulkan data drilling prognosis dan data drilling report. Dari data drilling prognosis didapatkan data umum sumur, casing dan bit program, parameter pemboran dan program lumpur. Dari data drilling report didapatkan data lithologi formasi yang ditembus, data lumpur dan BHA saat pipa terjepit, serta kronologis terjadinya pipa terjepit. Setelah itu dilakukan identifikasi terhadap jenis jepitan berdasarkan aspek lithologi batuan, aspek geometri lubang bor, aspek rangkaian pipa bor dan aspek lumpur pemboran. Selanjutnya dilakukan analisa terhadap pelaksanaan pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit. Setelah itu dilakukan evaluasi dengan membandingkan hasil analisa data aktual pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit dengan analisa penulis terhadap pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit (perhitungan teoritis). Dari hasil evaluasi, Jepitan pada Sumur XSY-8 pada Trayek 6” terjadi pada kedalaman 7655 ft MD dengan jenis jepitan yang terjadi merupakan key seat. Jepitan disebabkan karena lithologi batuan pada trayek 6” berupa limestone dengan sisipan shale sehingga ada perubahan karakteristik batuan sehinnga bit terdefleksi dan adanya perubahan arah sehingga dibeberapa interval didapatkan dogleg survey yang lebih besar dari dogleg severity. Karena pada awal terjadinya jepitan dicurigai terjadinya differential pipe sticking sehingga dilakukan spotting fluid, namun penggunaan adiktif yang kurang tepat menyebabkan terjadinya string plugged atau packed off. Sehingga jepitan yang awalnya key seat berubah menjadi mechanical pipe sticking karena tidak ada sirkulasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:07
Last Modified: 24 Jul 2017 02:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item