Annisa, Narumi Nurul (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PENANGGULANGAN PIPA TERJEPIT PADA SUMUR “XSY-8” TRAYEK 6” LAPANGAN “XSY”. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (365kB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (475kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar isi.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pipa terjepit pada Sumur XSY-8 Trayek 6” pada Lapangan XSY terjadi
pada kedalaman 7655 ft MD setelah rangkaian BHA masuk kedalam lubang
pemboran setelah mengalami pergantian BHA. Untuk membebaskan rangkaian
dari jepitan dilakukan beberapa usaha penanggulangan salah satunya spotting
fluid, namun usaha ini menyebabkan string plugged atau packed off.
Permasalahan dari skripsi ini adalah optimal tidaknya pelaksanaan
penanggulangan pipa terjepit jenis key seat pada Sumur XSY-8 Trayek 6” di
Lapangan XSY.
Metodologi yang digunakan dalam penyelesaian masalah ini dimulai
dengan mengumpulkan data drilling prognosis dan data drilling report. Dari data
drilling prognosis didapatkan data umum sumur, casing dan bit program,
parameter pemboran dan program lumpur. Dari data drilling report didapatkan
data lithologi formasi yang ditembus, data lumpur dan BHA saat pipa terjepit,
serta kronologis terjadinya pipa terjepit. Setelah itu dilakukan identifikasi
terhadap jenis jepitan berdasarkan aspek lithologi batuan, aspek geometri lubang
bor, aspek rangkaian pipa bor dan aspek lumpur pemboran. Selanjutnya dilakukan
analisa terhadap pelaksanaan pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit. Setelah
itu dilakukan evaluasi dengan membandingkan hasil analisa data aktual
pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit dengan analisa penulis terhadap
pelaksanaan penanggulangan pipa terjepit (perhitungan teoritis).
Dari hasil evaluasi, Jepitan pada Sumur XSY-8 pada Trayek 6” terjadi
pada kedalaman 7655 ft MD dengan jenis jepitan yang terjadi merupakan key
seat. Jepitan disebabkan karena lithologi batuan pada trayek 6” berupa limestone
dengan sisipan shale sehingga ada perubahan karakteristik batuan sehinnga bit
terdefleksi dan adanya perubahan arah sehingga dibeberapa interval didapatkan
dogleg survey yang lebih besar dari dogleg severity. Karena pada awal terjadinya
jepitan dicurigai terjadinya differential pipe sticking sehingga dilakukan spotting
fluid, namun penggunaan adiktif yang kurang tepat menyebabkan terjadinya string
plugged atau packed off. Sehingga jepitan yang awalnya key seat berubah menjadi
mechanical pipe sticking karena tidak ada sirkulasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 02:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 02:07 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |