ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA MELAKUKAN PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) PADA TAHUN 2011-2015

Sari, Jumainah Atika (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA MELAKUKAN PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) PADA TAHUN 2011-2015. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pergantian kantor akuntan publik (KAP). Faktor-faktor tersebut adalah opini audit, financial distress, ukuran KAP, tingkat pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan rentabilitas. Topik ini dipilih karena masalah independensi auditor terkait jangka waktu perikatan yang panjang masih relevan dalam dunia bisnis, selain itu Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Menteri Keuangan No. 423/KMK.06/2002 tentang Jasa Akuntan Publik mengatur tentang pembatasan jangka waktu perikatan KAP, sehingga kemudian berdampak pada pergantian KAP. Penelitian ini menganalisis dampak variabel-variabel independen terhadap pergantian KAP menggunakan analisis regresi logistik. Objek penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Sampel dipilih dengan metode purposif sampling dengan fokus pada perusahaan manufaktur. Jenis data dalam penelitian ini adalah data dokumenter yang diperoleh dari www.idx.co.id, juga laporan keuangan tahunan auditan yang dipublikasikan. Pengujian terhadap 42 sampel perusahaan keuangan yang terdaftar di BEI selama tahun 2011-2015 menyatakan bahwa pergantian KAP tidak memiliki pengaruh pada variabel-variabel yang peneliti ambil. Kata kunci : Pergantian KAP, Opini Audit, Financial Distress, Ukuran KAP, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Rentabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:15
Last Modified: 21 Jul 2017 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item