PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN KIRINYUH ( Choromolaena Odorata ) TERHADAP KETERSEDIAAN N, P, K PODSOLIK MERAH KUNING DAN PERTUMBUHAN JAGUNG MANIS

AS’AT, AS’AT (2017) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN KIRINYUH ( Choromolaena Odorata ) TERHADAP KETERSEDIAAN N, P, K PODSOLIK MERAH KUNING DAN PERTUMBUHAN JAGUNG MANIS. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_20170622_135835.jpg

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang ayam dan kirinyuh terhadap ketersediaan N, P, K podsolik merah kuning dan pertumbuhan jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Rancangan penelitian ini terdiri dari dua factor yaitu A0 : 0 ton/ha, A1 :15 ton/ha, A2 : 30 ton/ha dan kirinyuh K0 : 0 ton/ha, K1 : 10 ton/ha, K2 : 20 ton/ha dan K3 :30 ton/ha jadi kombinasai antar perlakuan 12 macam kombinasi, dengan 3 ulangan di dapat 36 pot percobaan. Analisis tanah awal terdiri dari C-organik, pH (H2O), N-tersedia, P-tersedia, K-tersedia, KPK, Tekstur dan BV analisis pupuk kandang ayam dan kirinyuh C-organik, N-total, P2O5 dan K2O dan pengamatan pertumbuhan tanaman meliputi tinggi tanaman dan berat kering tanaman. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap parameter penelitian dengan menggunakan sidik ragam (Analyst of varians) dengan beda nyata 5% menggunakan metode RAL, sedangkan untuk Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk kandang ayam berpengaruh nyata meningkatkan pH (H20), N-tersedia, P-tersedia, K-tersedia, KPK, tinggi tanaman, berat kering akar dan berat kering trubus. Pada pemberian kirinyuh berpengaruh nyata meningkatkan N-tersedia, K-tersedia dan KPK dan tidak berpengaruh nyata meningkatkan pH (H2O), P-tersedia, tinggi tanaman dan berat kering trubus ataupun akar tanaman. Pemberian takaran pupuk kandang ayam sebesar 146.76 gram dan kirinyuh sebesar 146.76 gram 30 ton/ha menunjukan hasil terbaik dan tertinggi dalam meningkatkan N, P, K podsolik merah kuning, tinggi tanaman. Kata Kunci : Pupuk kandang ayam, kirinyuh, unsur hara N, P, K tanah podsolik merah kuning, jagung manis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Jul 2017 03:53
Last Modified: 20 Jul 2017 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item