PENAMBAHAN GIBBERELIN (GA3) UNTUK PERTUMBUHAN CORMEL GLADIOL (Gladiolus communis L.) PADA BERBAGAI MEDIA SECARA IN VITRO

AERANI, EGY (2017) PENAMBAHAN GIBBERELIN (GA3) UNTUK PERTUMBUHAN CORMEL GLADIOL (Gladiolus communis L.) PADA BERBAGAI MEDIA SECARA IN VITRO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Image
IMG20170622101205.jpg

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanaman bunga gladiol dapat diperbanyak dengan menggunakan subang atau anak subang (cormel). Perbanyakan menggunakan bahan tanam tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 3,5 – 6 bulan. Penggunaan metode in vitro mampu menghasilkan bibit yang banyak dan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan ada tidaknya interaksi antara penambahan gibberelin pada berbagai macam media (MS, B5, dan MS + vitamin B5), untuk menentukan konsentrasi gibberelin yang tepat dan menentukan macam media yang paling tepat dalam induksi tunas dan akar dari cormel gladiol secara in vitro. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi UPN “Veteran” Yogyakarta pada bulan Februari 2017 – April 2017. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama (konsentrasi gibberelin) yang terdiri dari tiga aras, yaitu G1: 1 ppm, G2: 2 ppm, dan G3: 3 ppm. Faktor kedua (macam media) yang terdiri dari tiga aras, yaitu M1: media MS, M2: media B5 (Gamborg), M3: media MS dengan vitamin B5. Data hasil penelitian dianalisis keragamannya dengan jenjang nyata 5%. Untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan diuji lanjut dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD) pada jenjang 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara perlakuan konsentrasi GA3 dan macam media untuk pertumbuhan eksplan cormel gladiol, penggunaan konsentrasi GA3 2 ppm berpengaruh terhadap persentase hidup planlet dan bobot segar planlet, Penggunaan media B5 berpengaruh terhadap panjang akar dan saat tumbuh tunas dan penggunaan MS dengan vitamin B5 berpengaruh pada saat tumbuh tunas, tinggi tunas dan bobot segar planlet. Kata Kunci: Gladiol, gibberelin, media tanam, in vitro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Jul 2017 03:37
Last Modified: 20 Jul 2017 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12402

Actions (login required)

View Item View Item