PEMODELAN REKLAMASI LAHAN TAMBANG TANAH LEMPUNG BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LINGKUNGAN DI DUSUN PARE 3, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA

Adi Putra, Tirta (2017) PEMODELAN REKLAMASI LAHAN TAMBANG TANAH LEMPUNG BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LINGKUNGAN DI DUSUN PARE 3, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02. ABSTRACT.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Hilangnya lapisan tanah karena kegiatan penambangan dapat merubah morfologi permukaan dan bertambahnya tingkat kerusakan lingkungan, akibat lain dari adanya kegiatan penambangan adalah dapat berubahnya topografi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besar tingkat kerusakan lingkungan akibat penambangan tanah lempung; dan menentukan teknis model reklamasi lahan pascatambang di Dusun Pare 3, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan pengharkatan dengan parameter yang digunakan adalah batas tepi galian, relief dasar galian, kemiringan tebing galian, tinggi dinding galian, kondisi jalan, tutupan vegetasi, dan upaya reklamasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Semua parameter yang ada diperoleh dengan cross check data di lapangan dan pemetaan lapangan. Kemiringan tebing galian dan Tinggi dinding galian didapatkan dari pengukuran di lapangan. Batas tepi galian dan kondisi jalan didapatkan dari pengukuran dan pengamatan di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kerusakan lingkungan fisik di Dusun Pare 3 termasuk dalam kategori rusak sedang dengan total nilai harkat 15. Hal utama yang mempengaruhi kerusakan yang terjadi adalah tidak adanya upaya reklamasi yang dilakukan oleh pihak tambang. Arahan pengelolaan berupa pemodelan pembuatan teras kontur dengan jenjang lebar teras sebesar 6 meter dan tinggi dinding teras setinggi 3 meter, untuk memperkuat stabilitas lereng dilakukan penanaman vegetasi dengan sistem pot/ lubang, berupa tanaman jeruk di lahan bekas penambangan tanah lempung dengan tanaman rumput vetiver sebagai tanaman penutup lahan. Pengelolaan pascatambang harus direncanakan dan dilaksanakan sehingga tidak meninggalkan lingkungan yang rusak setelah penambangan berakhir. Kata kunci : kerusakan lingkungan, penambangan, tanah liat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:52
Last Modified: 20 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item