KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI TAMBANG AIR LAYA PIT TAMAN PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK

NOVRIANSYAH, ILHAM (2017) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI TAMBANG AIR LAYA PIT TAMAN PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Bukit Asam (Persero) Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha pertambangan batubara. Lokasi penelitian dilakukan pada tambang Air Laya yang terletak dikawasan Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan. Sistem penambangan yang ditetapkan adalah sistem tambang terbuka (Surface Mining). Pengupasan lapisan tanah penutup merupakan salah satu kegiatan yang sangat mempengaruhi dalam kegiatan penambangan. Alat muat yang digunakan pada pengupasan lapisan tanah penutup adalah Excavator Komatsu PC 2000 sebanyak 3 unit dan alat angkut yang digunakan adalah Dumptruck (HD) Komatsu 785 sebanyak 19 unit. Target produksi pengupasan lapisan tanah penutup yang ditetapkan oleh PT. Bukit Asam (Persero) Tbk adalah 1.110.000 bcm/bulan. Permasalahan yang terjadi adalah belum tercapainya target produksi dari alat muat dan alat angkut. Produksi saat ini sebesar 795.000 bcm/bulan. Belum tercapainya target produksi dikarenakan adanya faktor-faktor seperti jalan angkut yang sempit, dan waktu kerja yang hilang karena adanya hambatan kerja. Baik hambatan yang dapat dihindari maupun hambatan yang tidak dapat dihindari. Upaya pencapaian target produksi dilakukan dengan cara peningkatan efisiensi kerja dan perbaikan waktu edar alat. Setelah dilakukan peningkatan efisiensi kerja alat muat dan alat angkut didapat peningkatan produksi sebesar 1.108.097,6 bcm/bulan untuk alat muat dan 878.157,73 bcm/bulan untuk alat angkut. Setelah perbaikan waktu edar didapat peningkatan produksi sebesar 1.402.941,15 bcm/bulan untuk alat muat dan 1.144.989,23 bcm untuk alat angkut. Hasil ini menunjukan target produksi tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:11
Last Modified: 19 Jul 2017 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12372

Actions (login required)

View Item View Item