GEOLOGI DAN ALTERASI HIDROTERMAL DAERAH GANDUSARI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN GANDUSARI, KABUPATEN TRENGGALEK, PROVINSI JAWA TIMUR

BHARATA, MOH. CHANDRA (2017) GEOLOGI DAN ALTERASI HIDROTERMAL DAERAH GANDUSARI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN GANDUSARI, KABUPATEN TRENGGALEK, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN DAN LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN DAN LAMPIRAN.pdf

Download (32MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)

Abstract

Lokasi penelitian secara administrasi berada di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Secara geografis daerah penelitian pada UTM N 574700 mE – 583700 mE dan N 9091900 mE – 9100900 mE. Luas daerah penelitian yaitu 10 km x 10 km dengan skala 1 : 20.000.
Daerah penelitian terdiri atas tiga bentukan asal dan lima bentuklahan. Bukit Intrusi (V1), Perbukitan Struktural (S1), Lereng Homoklin (S2), Dataran Aluvial (F1), Tubuh Sungai (F2). Pola pengaliran sungai pada daerah penelitian adalah sub-dendritik.
Stratigrafi pada daerah penelitian berdasarkan karekteristik ciri litologi yang dominan dapat dikelompokkan menjadi 5 satuan, urutan dari tua ke muda yaitu: Satuan breksi-vulkanik Mandalika, berumur Oligosen Akhir-Miosen Awal dan diendapkan pada lingkungan darat. Satuan Diorit berumur Miosen Awal, Satuan batugamping Campurdarat berumur Miosen Tengah dan diendapkan pada lingkungan laut dangkal atau neritik tepi, Satuan Andesit berumur akhir Miosen Tengah, dan Endapan Aluvial (Kuater).
Struktur geologi daerah penelitian berkembang dengan baik, diantaranya terdapat struktur kekar baik kekar gerus maupun kekar tarik dan sesar. Sesar tersebut diantaranya sesar Plagen, sesar Jajar 2, sesar Jajar 1, sesar Keling, sesar Nglompang, sesar Tempel, sesar Sanden 1, sesar Sanden 2, sesar Sanden 3, sesar Ngasinan, sesar Begagan, sesar Nguluh.
Zona alterasi daerah telitian dibagi menjadi tiga zona yaitu zona silisifikasi, zona argilik, dan zona propilitik dengan mineral ubahan berupa kuarsa, klorit, kaolin, mineral lempung, ±epidot. Zona alterasi daerah penelitian sangat terpengaruh oleh struktur yang berkembang.
Pola mineralisasi di daerah penelitian terdapat di kekar dan sesar yang bertesktur vuggy, sugary quartz, dan massive quatrz. Mineral logam yang muncul pirit, kalkopirit. Tipe endapan di daerah penelitian yaitu sulfida rendah kontrol struktur (low-sulfidation)
Potensi positif daerah penelitian adalah tambang bahan galian C berupa diorit pada daerah Watulimo, batugamping pada daerah Gandusari dan sekitarnya, tempat wisata antara lain Goa Lowo daerah Watulimo. Sedangkan potensi negatif berupa longsor di daerah Kampak dan banjir daerah Gandusari.
Kata kunci : Geologi, Struktur, Alterasi, Potensi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Geologi, Struktur, Alterasi, Potensi.
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jul 2017 06:41
Last Modified: 17 Nov 2023 07:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item