GEOLOGI DAN KAJIAN HUBUNGAN STRUKTUR GEOLOGI DAN AIR TANAH DI DAERAH HARGOMULYO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MASSORA, MUHAMMAD RIDWAN (2017) GEOLOGI DAN KAJIAN HUBUNGAN STRUKTUR GEOLOGI DAN AIR TANAH DI DAERAH HARGOMULYO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI LAPORAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI LAPORAN.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara struktur geologi dan air tanah di Daerah Hargomulyo yang terletak ± 17 km ke arah timur dari kota Yogyakarta, secara administrasi terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara geografis terletak pada zona 49 X : S 7°48’58.2” – S 7°52’04.0”, Y : E 110°37’08.4” – E 110°33’20.0”, dan UTM (Universal Transverse Mercator) posisi koordinat X : 451000 – 458000, Y : 9130300 – 9136000.
Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif, dengan tahapan persiapan, orientasi lapangan dan perencanaan, penelitian lapangan, evaluasi dan pembuatan laporan. Tahapan persiapan berupa studi pustaka dan penelaahan peta-peta dasar berupa Peta Geologi Lembar Surakarta – Giritontro, lembar peta nomor 1408-3 dan 1407-6 dengan skala 1 : 100.000, peta Cekungan Air Tanah dengan skala 1 : 250.000, dan peta topografi dengan perbesaran 1 : 20.000 dengan luas daerah penelitian ± 41 km². Tahapan survei lapangan berupa survei geomorfologi, survei geologi dan survei geolistrik. Tahapan evaluasi berupa perumusan hasil pengamatan, pengukuran dan analisis data primer dan skunder
Terbentuknya air tanah dipengaruhi beberapa faktor antara lain yakni, sifat dari batuan dalam hal ini sebagai porositas primer dan struktur geologi yang dapat menjadi porositas sekunder yang terbentuk didalam suatu zona struktur geologi karena adanya lapisan kedap air (impermeable). Sistem akuifer di Daerah Hargomulyo berupa akuifer antar butir dan akuifer rekahan. Akuifer rekahan terbentuk oleh adanya kekar dan sesar yang mempunyai peranan sebagai tempat tersimpannya air tanah, dengan kata lain sebagai akuifer, dan sebagai tempat mengalirkan air tanah dari permukaan kebawah permukaann maupun sebaliknya yang di cirikan dengan terdapatnya mata air. Struktur geologi yang berkembang di Daerah Hargomulyo berupa kedudukan lapisan batuan, struktur kekar yang memiliki empat pola arah tegasan yaitu baratlaut-tenggara, barat-timur, timurlaut-baratdaya dan utara selatan, dan struktur sesar dengan tiga pola arah sesar yaitu pola arah utara-selatan, timurlaut-baratdaya dan baratlaut-tenggara, yang dimana struktur geologi tersebut sangatlah berpengaruh dalam sistem air tanah di Daerah Hargomulyo.
Kata kunci: struktur geologi, air tanah, litologi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: struktur geologi, air tanah, litologi
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:42
Last Modified: 20 Nov 2023 02:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item