PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENONTON FILM ANIMASI DI STASIUN TELEVISI (Studi Deskriptif pada Keluarga di Tambakbayan Yogyakarta)

SITUMORANG, DEBBY HARTIANI (2017) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENONTON FILM ANIMASI DI STASIUN TELEVISI (Studi Deskriptif pada Keluarga di Tambakbayan Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2 Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 Halaman Pengesahan.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 3 abstrak.pdf]
Preview
Text
3 abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4 Abstract.pdf]
Preview
Text
4 Abstract.pdf

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (68kB)

Abstract

Anak merupakan karunia Tuhan dalam hubungan berumah tangga. Perkembangan anak menjadi tanggung jawab orang tua. Mengenai film animasi anak, terdapat kategori aman, hati-hati, berbahaya. Peran orang tua menjadi penting melihat hal ini sebagaimana latar belakang dan rumusan masalah yang dibuat adalah “Bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dalam mendampingi anak menonton film animasi di stasiun televisi?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi orang tua dalam mendampingi anak menonton film animasi, terutama film animasi yang mengandung muatan positif dan mendidik anak di Padukuhan Tambakbayan Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berperan penting dalam hubungan keluarga yang harmonis. Melalui komunikasi interpersonal orang tua menjalankan perannya dalam fungsi keluarga sebagai pendidik utama anak. Peran tersebut sebagai upaya untuk mengajarkan pendidikan dan kepedulian kepada anak. Skema hubungan dalam keluarga serta interaksi yang terjadi memengaruhi cara berkembang anak. Hambatan yang terjadi dalam pengawasan orang tua terhadap anak dalam menonton film animasi, karena pemahaman orang tua mengenai film animasi yang kurang, kesibukan orang tua, dan faktor dari anak sendiri yang tidak mau didampingi. Proses komunikasi orang tua dengan anak yang kurang baik, memengaruhi peran orang tua kepada anak.
Kata Kunci: Orang Tua dan Anak, Peran Orang Tua, Film Animasi, Komunikasi Interpersonal, Keluarga

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua dan Anak, Peran Orang Tua, Film Animasi, Komunikasi Interpersonal, Keluarga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:38
Last Modified: 21 Nov 2023 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12304

Actions (login required)

View Item View Item