ANALISIS FRAMING MENGENAI PEMBERITAAN SANKSI FIFA KEPADA INDONESIA (PSSI) (Studi Pada Media Informasi Online Juara.net tanggal 18 April 2015 – 13 Mei 2016)

ALFIYANTO, LUKMAN HENDRA (2017) ANALISIS FRAMING MENGENAI PEMBERITAAN SANKSI FIFA KEPADA INDONESIA (PSSI) (Studi Pada Media Informasi Online Juara.net tanggal 18 April 2015 – 13 Mei 2016). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Carut marut kepengurusan PSSI yang berimbas adanya intervensi dari pemerintah membuat Indonesia mendapat sanksi dari FIFA, hal ini mengundang banyak perhatian dari berbagai pihak, mulai dari pecinta bola, pengamat bola, media massa sampai masyarakat umum. Media sebagai agen konstruksi berita, mempunyai peran untuk menyampaikan informasi, membentuk opini publik dan mempengaruhi publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Juara.net membingkai pemberitaan sanksi FIFA kepada PSSI (Indonesia). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis framing. Model framing yang digunakan adalah model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang meneliti pada empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Obyek penelitian adalah berita-berita online yang berasal dari Juara.net tentang sanksi FIFA kepada PSSI (Indonesia) pada kurun waktu tanggal 18 April 2015 – 13 Mei 2016 , yang terdiri dari 14 buah berita. Hasil analisis menunjukkan Juara.net membingkai berita tentang sanksi FIFA kepada PSSI tanggal 18 April 2015 – 13 Mei 2016 dengan bersifat senatural mungkin tapi tetap menunjukkan keperpihakannya kepada pihak pemerintah (Kemenpora), dan juga memberikan motivasi. Sesuai dengan ideologi nasionalisme, Juara.net menunjukkan sikap yang lebih melihat bahwa persepakbolaan Indonesia adalah modal yang tidak ternilai harganya untuk membanggakan negara melalui prestasi di bidang olah raga masa yang akan datang. Kata Kunci: Analisis Framing, Pan & Kosicki, sanksi FIFA, PSSI, Sepak Bola, Juara.net.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:01
Last Modified: 14 Jul 2017 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item