PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN METODE MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) (Studi Kasus di CV Anugerah Sukses Mandiri, Godean)

Bagus K., M.Dimas (2017) PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN METODE MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) (Studi Kasus di CV Anugerah Sukses Mandiri, Godean). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Anugerah Sukses Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri khusus pangan yang memproduksi minuman herbal dalam kemasan dengan bahan baku utama jahe, kunyit, kencur dan temulawak. CV ASM memproduksi berbagai macam produk minuman herbal dalam kemasan seperti Temulawak, Jahe merah, Beras Kencur, Sari Jahe, Wedhang Secang, Bandrek, Kunir Asam, dll. Permasalahan produktivitas pada pekerja disebabkan oleh kesalahan pada faktor yang terdapat di dalam sistem kerja yang meliputi faktor lingkungan fisik kerja, mesin dan teknologi pada perusahaan, organisasi dan kondisi pekerjaan. Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor kunci yang terjadi pada sistem kerja menggunakan metode Macroergonomics Analysis and Design (MEAD) dan melakukan implementasi perbaikan berdasarkan faktor kunci terpilih. Macroergonomics Analysis and Design (MEAD) merupakan salah satu dari beberapa metode ergonomi makro yang cukup jelas dalam menggambarkan implementasi ergonomi makro dan mencakup 5 komponen sistem sosioteknik. Hasil dari pengolahan data yang telah dilakukan, ditemukan bahwa faktor kunci yang terpilih yaitu lingkungan fisik dengan varian yang meliputi suhu rata-rata mencapai 30ºC pada kedua ruang kerja dan kebisingan yang terjadi pada tempat kerja mencapai 80 dB. Tindakan perbaikan yang dilakukan sesuai dengan faktor kunci terpilih yaitu pengadaan fasilitas lingkungan fisik berupa kipas angin Wall Fan 16” pada ruangan I sebanyak 1 buah, berikutnya yaitu pengadaan pre-shaped foam ear plug sebanyak 10 pasang sesuai jumlah pekerja, pemasangan display peringatan kebisingan, serta sosialisasi tentang kebisingan yang terjadi di tempat kerja. Kata kunci : Sistem kerja, Macroergonomics Analysis and Design (MEAD), Lingkungan fisik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:17
Last Modified: 11 Jul 2017 03:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12209

Actions (login required)

View Item View Item