GEOLOGI DAN STUDI FASIES BATUAN KARBONAT FORMASI CAMPURDARAT DAERAHNGENI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN WONOTIRTO, KABUPATEN BLITAR, PROVINSI JAWA TIMUR

Abdurahman, Abdurahman (2017) GEOLOGI DAN STUDI FASIES BATUAN KARBONAT FORMASI CAMPURDARAT DAERAHNGENI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN WONOTIRTO, KABUPATEN BLITAR, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian termasuk dalam Zona Pegunungan Selatan, secara administrasif terletak di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Secara astronomis daerah penelitian menempati kordinat UTM 632000-637000mE dan 9083000-9088000mN, menempati luasan 25 km2 dengan skala peta 1:10.000. Aspek Geologi serta aspek fasies batuan karbonat Formasi Campurdarat yang menjadi bahan penelitian skripsi ini. Secara geomorfik, daerah telitian terdiri dari 4 (empat) satuan bentukan asal yaitu, Satuan bentukan asal Struktural yang terdiri dari 3 (tiga) satuan geomorfik yaitu Satuan geomorfikPerbukitanAntiklinal (S4), Satuan geomorfik Perbukitan Sinklinal (S5), dan Satuan geomorfik Punggungan Homoklinal berupa Messa dan Cuesta (S10). Satuan bentukan asal Vulkanik yang terdiri dari 2 (dua) satuan geomorfik yaitu, Satuan geomorfikLembahIntrusi (V1) danSatuan geomorfikGunungIntrusi (V4). Satuan betukan asal Karts terdiri dari Satuan Lereng Perbukitan Karts (K3). Dan Satuan bentukan asal Fluvial yang terdiri dari 3 (tiga) satuan geomorfik yaitu Satuan geomorfik Limpah Banjir (F1), Satuan geomorfik Tubuh Sungai (F2), dan Satuan geomorfik Gosong Sungai (F3). Pola pengaliran yang berkembang adalah pola Trellis, pola Subdendritik dan pola Subparalel. Stratigrafi daerah telitian terdiri dari enam satuan batuan dengan urutan dari tua ke muda adalah Satuan Breksi vulkanik Mandalika berumur Oligosen Akhir – Miosen Awal, Satuan Tuf Mandalika yang menjemari dengan Satuan Breksi Vulkanik dan berumur Oligosen Akhir- Miosen Awal, Satuan batuan Terobosan yang menerobos Satuan Breksi vulkanik dan Satuan Tuf Mandalika, Satuan batugamping Campurdarat berumur Miosen Awal-Miosen Tengah, Satuan batugamping Wonosari berumur Miosen Tengah-Mosen Akhir dan Satuan endapan Alluvial berumur Holosen. Struktur geologi yang berkembang pada daerah telitian berupa struktur Sesar mendatar kanan dan Sesar normal serta Struktur lipatan Antiklin dan Sinklin. Dari analisa profil dan interpretasi litofasies, maka asosiasi fasies pada Formasi Campurdarat antara lain asosiasi fasiesOpen Circulation Marine on Platform Interior, restricted circulation marine on platform intrior dan Organik Reef Built Up. (Wilson, 1975) Kata Kunci: Formasi Campurdarat dan fasies karbonat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:22
Last Modified: 06 Jul 2017 01:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item View Item