USULAN PERBAIKAN PENEMPATAN RAW MATERIAL PADA GUDANG BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN CLASS BASED STORAGE POLICY (Studi Kasus di PT. Riade Sumber Energi, Garut)

Al-Mutsana, Hanif Fithratu (2017) USULAN PERBAIKAN PENEMPATAN RAW MATERIAL PADA GUDANG BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN CLASS BASED STORAGE POLICY (Studi Kasus di PT. Riade Sumber Energi, Garut). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT.RIADE SUMBER ENERGI memiliki gudang bahan baku dengan sistem penyimpanan yang random. Terlihat pada proses penyimpanan dan pengambilan material kurang berjalan dengan baik. Dalam proses penyimpanannya, perusahaan kurang mempertimbangkan apakah jenis raw material tersebut lebih sering digunakan atau tidak sehingga mempersulit karyawan dalam pemindahan raw material yang ada. Cara penataan blok penyimpanan yang random terlihat pada penempatan pallet yang tidak mempertimbangkan jarak antara pallet satu dengan pallet yang lainnya Class Based Storage merupakan gabungan dari metode Dedicated Storage dan Randomized Storage. Pada metode ini produk dibagi menjadi beberapa kelas. Dengan melakukan penempatan material dengan metode class based storage berdasarkan popularitas dari material tersebut dapat meningkatkan efisiensi perpindahan material yang ada dan utilitas blok penyimpanan. Melalui penelitian ini didapat bahwa class based storage pada gudang bahan baku dapat memberikan efisiensi jarak perpindahan material sebesar 28,99% setiap tahunnya dengan jumlah blok penyimpanan sebanyak 210 pallet dan utilitas blok penyimpanan meningkat sebesar 11,34% . Kata kunci : Gudang, Class Based Storage, Popularitas, jarak material handling

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:26
Last Modified: 19 Jun 2017 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item