POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS FREDOFIOS CONDONGSARI YOGYAKARTA

AMALYA, RESTU (2017) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA PENYANDANG AUTISME DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS FREDOFIOS CONDONGSARI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Komunikasi adalah suatu proses penyampaian Informasi (pesan dan gagasan) dari satu pihak ke pihak lain. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan/verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Autisme adalah gangguan perkembangan saraf yang kompleks ditandai dengan kesulitan dalam berinterasksi sosial. Komunikasi dan perilaku penyandang autis terbatas, berulang – ulang dan karakter stereotip. Gangguan dalam berbicara merupakan salah satu gejala yang ada pada anak autisme. Gangguan dalam berbicara pada anak autisme menyebabkan anak tidak mampu mengutarakan keinginannya secara baik. Anak autis kurang dalam merespon stimulus dari lingkungan dan memperlihatkan kurangnya kemampuan komunikasi dan sering merespon lingkungan dengan cara yang unik. Berdasarkan hal tersebut di dapatkan rumusan masalah yaitu bagaimana pola komunikasi anak autis terhadap guru di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey kualitatif dengan cara analisis hasil.Penyandang autis dalam berkomunikasi dengan guru di sekolah menggunakan dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Teori interaksionisme simbolik dapat diterapkan dalam komunikasi anak penyandang autisme. Pola komunikasi yang digunakan anak autis dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan guru tergantung pada tingkat kemampuan dan spektrum autis yang dimiliki setiap anak. Karena karakteristik tiap-tiap anak berbeda maka metode yang digunakan oleh guru pada tiap muridnya juga berbeda. Banyak hambatan yang didapatkan saat komunikasi antara guru dengan siswa penyandang autisme ketika proses pembelajaran di sekolah. Seperti menyesuaikan perasaan anak yang sewaktu-waktu dapat berubah. Kata kunci : Komunikasi, Autis, Pola Komunikasi, Metode Komunikasi, Hambatan Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jun 2017 07:05
Last Modified: 16 Jun 2017 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item