PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN PENAMBAHAN GAMAL (Gliricidia sepium) TERHADAP KUALITAS KOMPOS JERAMI YANG DIPERKAYA BAHAN AGROMINERAL DAN INTRODUKSI ORGANISME PELARUT P DAN K

Aji, Krishna (2017) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DAN PENAMBAHAN GAMAL (Gliricidia sepium) TERHADAP KUALITAS KOMPOS JERAMI YANG DIPERKAYA BAHAN AGROMINERAL DAN INTRODUKSI ORGANISME PELARUT P DAN K. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kompos merupakan bahan organik yang telah mengalami proses dekomposisi oleh mikroorganisme pengurai. Salah satu jenis kompos adalah berasal dari jerami. Proses pengomposan bisa ditambahkan dengan bahan agromineral dan organisme pelarut P dan K untuk menambah kualitas dan kandungan unsur hara. Selain itu, dapat juga menambahkan pupuk kandang sapi dan gamal (Gliricidia sepium). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi dan gamal (Gliricidia sepium) terhadap kualitas kompos jerami yang diperkaya bahan agromineral dan introduksi organisme pelarut P dan K. Penelitian ini dilaksanakan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL) yang terdiri dari 2 (dua) faktor yaitu pupuk kandang sapi dengan dosis 0% (K0), 5% (K1), 10% (K2), dan 15% (K3). Faktor kedua adalah gamal (Gliricidia sepium) dengan dosis 10% (G1). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah C-Organik, N-Total, C/N Ratio, P-Tersedia, dan K-Tersedia. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pupuk kandang sapi dosis 10% memberikan pengaruh nyata terhadap peningkatan NTotal, penurunan C/N namun tidak berpengaruh terhadap C-Organik, P-Tersedia, dan K-Tersedia dan kombinasi perlakuan pupuk kandang sapi dengan gamal (Gliricidia sepium) terbaik adalah perlakuan G0K0 dan G1K3 yang menunjukkan interaksi pada peningkatan C-Organik. Kata Kunci: Kompos Jerami, Pupuk Kandang Sapi, Gamal (Gliricidia sepium).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:07
Last Modified: 14 Jun 2017 04:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12122

Actions (login required)

View Item View Item