KOMUNIKASI PEMASARAN SANGGAR BATIK KALPIKA DALAM MENJUAL KARYA SENI KAOS LUKIS BATIK YOGYAKARTA

PRAYOGA, LUKMAN (2017) KOMUNIKASI PEMASARAN SANGGAR BATIK KALPIKA DALAM MENJUAL KARYA SENI KAOS LUKIS BATIK YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal. Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sanggar Batik Kalpika adalah salah satu usaha yang memproduksi kerajinan batik dan sudah ada sejak tahun 1970. Untuk menjual karya seni batik dan kaos lukis yang sudah mulai terkikis peminatnya, diperlukan adanya strategi komunikasi pemasaran yang baik untuk mencapai target yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Sanggar Batik Kalpika dalam menjual karya seni kaos lukis batik Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan sebagai landasan pemikiran guna mengetahui proses atau langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran Sanggar Batik kalpika dalam menjual karya seni kaos lukis batik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada dua pemasaran yang dilakukan Sanggar Batik Kalpika yaitu secara langsung dan tidak langsung. komunikasi pemasaran secara langsung yaitu membangun hubungan kemitraan dengan beberapa pihak, dalam bentuk personal selling. Adapun komunikasi pemasaran secara tidak langsung meliputi publikasi, serta melakukan direct marketing. Dalam pelaksanaan komunikasi pemasaran, Sanggar Batik Kalpika telah memiliki bagian pemasaran, tetapi dalam menjalankannya belum optimal. Dengan adanya analisis kekurangan dan kelebihan komunikasi pemasaran yang dilakukan peneliti, diharapkan dapat memberikan kontribusi agar produk kaos lukis batik Sanggar Batik Kalpika bisa terus meningkatkan penjualannya. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Sanggar Batik Kalpika, Penjualan, Kaos Lukis Batik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:32
Last Modified: 13 Jun 2017 04:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

View Item View Item