RESPON RUSIA MENGHADAPI PENINGKATAN AKTIVITAS MILITER NORTH ATLANTIC TREATY ORGANIZATION (NATO) DI EROPA TIMUR TAHUN 2015-2016

HANIF, MOCHAMAD (2017) RESPON RUSIA MENGHADAPI PENINGKATAN AKTIVITAS MILITER NORTH ATLANTIC TREATY ORGANIZATION (NATO) DI EROPA TIMUR TAHUN 2015-2016. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVERRRR.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Fix.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ketegangan NATO dengan Rusia meningkat signifikan dan hubungan kedua belah pihak turun ke titik terendah pasca Perang Dingin.Sejak tahun 2014 sampai tahun 2016, NATO memperluas ekspansinya di Eropa Timur terutama di negara-negara yang berbatasan dengan Rusia. Dalam merespon peningkatan militer NATO di Eropa Timur, Rusia mengeluarkan kebijakan pertahanan dan keamanan pada tahun 2016. Rusia memperkuat distrik militernya untuk menahan masuknya pasukan militer NATO ke negaranya melalui wilayah perbatasan di sebelah Barat dan Selatan. Adanya peningkatan senjata dan pasukan tempur NATO telah mendorong Rusia menambah jumlah alat tempurnya hingga meningkatkan kualitas alat tempurnya. Rusia mengaktifkan sistem pertahanan rudalnya dengan tujuan menangkal serangan udara dari NATO seperti serangan rudal dan pesawat tempur. Rusia menyebarkan sistem pertahanan rudal di Kaliningrad, Belarusia, dan Krimea. Wilayahwilayah tersebut sangat strategis dalam memaksimalkan jangkauan sistem pertahanan rudalnya. Langkah ini diambil karena gabungan kekuatan udara dari negara anggota NATO memiliki keunggulan dibandingkan pasukan udara Rusia. Dalam menghadapi NATO yang memiliki banyak negara anggota, Rusia bekerjasama dengan negara lain di Eropa Timur dimana salah satunya adalah Belarusia. Rusia dan Belarusia memiliki hubungan yang dekat, khususnya dalam bidang pertahanan dan militer. Kata kunci : Perluasan aktivitas militer NATO, Respon Defensif Rusia, Kerjasama Rusia-Belarusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:18
Last Modified: 09 Jun 2017 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item