ANALISA BENTUK KOMUNIKASI ANTARA ANGGOTA DPRD DENGAN KONSTITUEN DALAM MENAMPUNG ASPIRASI (STUDI KASUS DAPIL TIGA NAWANGAN-BANDAR PACITAN)

ARIE PRATIKNA, DIAJENG (2017) ANALISA BENTUK KOMUNIKASI ANTARA ANGGOTA DPRD DENGAN KONSTITUEN DALAM MENAMPUNG ASPIRASI (STUDI KASUS DAPIL TIGA NAWANGAN-BANDAR PACITAN). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Komunikasi antara anggota dewan dan konstituen dianggap komunikasi paling efektif saat ini dalam melakukan perubahan sikap dan keputusan dalam menjalankan peran dan wewenangnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bentuk komunikasi antara Anggota DPRD dengan Konstituen Dalam Menampung Aspirasi (Studi Kasus Dapil Tiga Nawangan-Bandar Pacitan). Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk saluran komunikasi anggota DPRD Kabupaten Pacitan dengan konstituen dalam menampung aspirasi pada studi kasus dapil tiga Nawangan-Bandar, (2) dampak komunikasi anggota DPRD Kabupaten Pacitan dengan konstituen dalam menampung aspirasi pada studi kasus dapil tiga Nawangan-Bandar, dan (3) kendala komunikasi anggota DPRD Kabupaten Pacitan dengan konstituen dalam menampung aspirasi pada studi kasus dapil tiga Nawangan-Bandar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisa hasil observasi dan wawancara mendalam yang berpedoman pada interview guide serta didalami dan diperkuat dengan focus group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan, pertama adalah komunikasi antara Anggota DPRD Kabupaten Pacitan Daerah Pemilihan III Nawangan–Bandar dengan konstituen lebih sering terjadi pada pada saluran komunikasi formal ,melalui reses, musrenbang, pertemuan lingkungan, dan komunikasi non formal meliputi, kunjungan kerumah anggota dewan, dan pada saat diwarung makan/ warung kopi. Kedua, bentuk komunikasi antara Anggota DPRD Kabupaten Pacitan Daerah Pemilihan III Nawangan–Bandar dengan konstituen sangat mempengaruhi perubahan sikap dan kebijakan terutama dalam fungsi penganggaran sebagai bentuk realisasi aspirasi masyarakat. Hampir semua aspirasi yang dikomunikasikan diterima dan direalisasikan oleh anggota DPRD Daerah Pemilihan III Nawangan–Bandar Pacitan. Ketiga, tidak adanya kendala teknis yang ditemui dalam komunikasi antara Anggota DPRD Daerah Pemilihan III Nawangan–Bandar Pacitan dengan konstituen. Kata kunci: Komunikasi, DPRD, Konstituen, Dapil Tiga Nawangan-Bandar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:57
Last Modified: 09 Jun 2017 03:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12085

Actions (login required)

View Item View Item