ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Kasus di Body Life Fitnes, Yogyakarta)

Romadhona, Happy Nur (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Kasus di Body Life Fitnes, Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Body Life Fitnes merupakan salah satu industri jasa yang bergerak di bidang pelayanan jasa kebugaran tubuh yang berdiri pada tahun 2008, yang terletak di Jalan Wahid Hasyim No.102 CondongCatur, Sleman-Yogyakarta. Permasalahan yang dialami oleh Body Life Fitnes tersebut yaitu mengalami penurunan jumlah member mulai bulan Januari 2016 hingga September 2016 terdapat 3027 jumlah member yang mendaftar, hanya tersisa 1338 member aktif dan yang non-aktif sebanyak 1689. Terjadi penurunan member sebanyak 10% dari total jumlah member. Untuk mengetahui penyebab yang terjadi, hal pertama yang dapat dilakukan Body Life Fitnes adalah dengan cara wawancara langsung atau dengan cara penyebaran kuisioner/angket. Pendekatan dengan pelanggan dapat mengetahui perilaku dan faktor yang mempengaruhi persepsi dan ekspektasi pelanggan berkaitan dengan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas pelayanan yang menurut pelanggan penting namun kinerja perusahaan masih buruk dan memberikan usulan prioritas tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa kebugaran Body Life Fitnes.Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk penelitian adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) dan indeks Potential Gain in Customer Value (PGCV). Atribut-atribut yang perlu diprioritaskan untuk diperbaiki merupakan yang berada di kuadran I dan III pada metode IPA serta memiliki nilai potensi berdasarkan indeks PGCV diatas rata-rata dan dimulai dari yang paling besar. Urutan perbaikan pelayanan atribut tersebut adalah (1) Ketersediaan perlengkapan alat untuk latihan, (2) Pengetahuan instruktur tentang fitnes dan kemampuan, (3) Instruktur membantu anggota dalam latihan, (4) Tarif member berdasarkan fasilitas yang diberikan, (5) Ketersediaan ruang tunggu latihan, (6) Memiliki instruktur yang berpengalaman, (7) Memiliki instruktur yang berpengalaman. Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, IPA, PGCV, Diagram Kartesius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:19
Last Modified: 08 Jun 2017 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item