PEMETAAN DAERAH RAWAN KEKERINGAN BERBASIS WEB DENGAN METODE AHP (Studi Kasus : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blora)

Andreani, Shintya (2017) PEMETAAN DAERAH RAWAN KEKERINGAN BERBASIS WEB DENGAN METODE AHP (Studi Kasus : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blora). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
3 COVER.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Kekeringan merupakan suatu kejadian alam yang sangat berpengaruh terhadap ketersediaan cadangan air dalam tanah, baik yang diperlukan untuk kepentingan pertanian maupun untuk kebutuhan manusia. Kabupaten Blora merupakan daerah yang setiap tahunnya mengalami bencana kekeringan. Pada setember 2016, 156 desa dan kelurahan yang tersebar di 14 dari 16 kecamatan di Blora yang berpotensi mengalami bencana kekeringan. Tetapi dari 156 desa dan kelurahan tersebut belum memiliki data yang dapat memprioritaskan daerah mana yang berpotensi mengalami kekeringan. Maka dari itu, untuk melihat daerah yang diprioritaskan masih sulit karena datanya masih terpisah dengan peta. Oleh sebab itu akan menghambat dan membutuhkan waktu yang lama dalam menentukan dan melihat daerah yang sangat berpotensi mengalami kekeringan. Hal ini akan berperanguh terhadap bantuan yang akan diberikan kepada daerah-daerah yang sangat berpotensi mengalami kekeringan agar tepat waktu dan tepat sasaran. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analitycal Herarki Proses (AHP) yang digunakan untuk memprioritaskan daerah kekeringan dan google maps untuk tampilan peta berupa rangking daerah kekeringan dan nilai hasil. Metode kualitatif yang dilakukan meliputi tahap analisis masalah, tahap analisis kebutuhan sistem, pengumpulan data dan pengembangan sistem. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall (siklus air terjun) yang meliputi tahapan rekayasa sistem, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan tahap pengujian. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP, serta MySQL dan PHPMyAdmin untuk manajemen database-nya. Aplikasi ini akan digunakan pada badan penanggulangan bencana daerah kabupaten blora, dimana pada aplikasi akan menampilkan output berupa daerah yang diprioritaskan mengalami kekeringan dengan perangkingan sehingga dapat mengetahui data hasil perhitungan ahp dan dapat memberikan informasi atau memberikan keputusan daerah yang diprioritaskan mengalami kekeringan. Pada aplikasi ini hasil akhinya dapat dilihat dengan dua cara yaitu, melihat setiap proses perhitungan ahpnya sampai hasil atau dengan langsung melihat pada hasil akhirnya. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan teknisi dalam menentukan daerah kekeringan sesuai tingkat kekeringan masing-masing kecamatan supaya bantuan yang diberikan tepat waktu dan tepat sasaran. Kata Kunci : kekeringan, analitycal Herarki Proces (AHP), google maps.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:19
Last Modified: 05 Jun 2017 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12061

Actions (login required)

View Item View Item