PEMBUATAN DAN PENCARIAN JALUR PADA GAME LABIRIN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA RECURSIVE BACKTRACKING

Pradana, Hendra Heka (2017) PEMBUATAN DAN PENCARIAN JALUR PADA GAME LABIRIN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA RECURSIVE BACKTRACKING. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAKSI Labirin atau maze merupakan sebuah permainan yang direpresentasikan sebagai tempat yang terdiri dari kumpulan jalan yang rumit, bercabang, dan buntu yang dirancang membentuk sebuah teka-teki dimana user harus mencari jalan keluar dari tempat tersebut. Salah satu tingkat kesulitan dalam menyelesaikan permainan labirin ditentukan dari ukuran maze tersebut, semakin besar ukuran suatu labirin maka akan meningkatkan kerumitan dalam pembuatan labirin tersebut. Pembuatan labirin atau maze yang memiliki banyak kombinasi cabang yang rumit sulit untuk dibuat secara manual, bentuk labirin yang dihasilkan secara manual tanpa menggunakan algoritma bisa dikatakan kurang layak dikarenakan proses pembentukan dinding maze yang secara acak memungkinkan adanya sisi atau dinding maze yang tertutup rapat. Oleh karena itu untuk menghasilkan labirin yang layak, diperlukan adanya algoritma tertentu yang dapat membantu dalam hal pembuatan labirin tersebut. Penelitian ini menerapkan algoritma recursive backtracking dalam pembuatan dan pencarian jalur pada labirin berbasis android, algoritma recursive backtracking (runut balik) merupakan salah satu algoritma yang bisa digunakan untuk membuat labirin karena cara kerjanya mencari jalan keluar yang bertujuan untuk menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan algoritma runut balik, tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang selalu dipertimbangkan. Penerapan algoritma recursive backtracking diharapkan dapat memudahkan dalam membuat suatu maze dan memecahkan permasalahan dalam pencarian jalur yang menuju ke pintu keluar. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan, meliputi tahap analisis masalah, tahap analisis kebutuhan sistem, dan tahap perancangan sistem. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dan bahasa pemodelan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Aplikasi ini dibangun menggunakan Android Studio dengan bahasa pemrograman java. Pada aplikasi ini user dapat menggunakan smartphone android untuk membuat suatu labirin atau maze, mencari jalur keluar, mendapatkan informasi mengenai aplikasi maze yang dibuat, dan mendapatkan informasi mengenai cara penggunaan aplikasi maze. Berdasarkan dari hasil pengujian dapat disimpulkan panduan aplikasi telah sesuai. Kata kunci : Maze, Algoritma Recursive Backtracking, Pembuatan maze, Pencarian Jalur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 May 2017 03:05
Last Modified: 24 May 2017 03:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12003

Actions (login required)

View Item View Item