KAJIAN POTENSI AIRTANAH DI SUB DAS KALI KUNING UNTUK KEBUTUHAN DOMESTIK DESA WEDOMARTANI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWAH YOGYAKARTA

Tilman, Efrem Rolando Guterres (2016) KAJIAN POTENSI AIRTANAH DI SUB DAS KALI KUNING UNTUK KEBUTUHAN DOMESTIK DESA WEDOMARTANI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWAH YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. cover.pdf]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 2. daftar isi.pdf]
Preview
Text
2. daftar isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. abstrak.pdf]
Preview
Text
3. abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 5. Lembar Persetujuan.pdf]
Preview
Text
5. Lembar Persetujuan.pdf

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Air tanah merupakan salah satu sumberdaya yang penting dan mempunyai peranan penting sebagai penyuplai kebutuhan air bagi manusia dan telah menjadi bagian terpenting bagi manusia dalam segala aspek. Daerah Sub DAS Kali Kuning Desa Wedomartani mengalami pertumbuhan penduduk yang cukup besar. Peningkatan jumlah penduduk mengakibatkan kebutuhan air yang meningkat, sehingga mempengaruhi ketersediaan air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuantitas dan kualitas airtanah serta besar kebutuhan domestik penduduk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, analisis laboratorium, dan analisis matematis. Parameter yang digunakan untuk mengetahui besarnya ketersediaan airtanah yaitu curah hujan, infiltrasi, evapotranspirasi, dan run-off. Parameter yang digunakan untuk menentukan kualitas airtanah antara lain jumlah zat padat terlarut (TDS), pH, Besi, Nitrat, Fosfat, Mangan, Klorida, dan Total Coliform.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan besarnya ketersediaan airtanah di wilayah penelitian pada tahun 2015 yaitu 6,4 X 106 m3/tahun. Untuk kualitas airtanahnya berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.416/MENKES/PER/IX/1990 Tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air termasuk dalam kualitas baik untuk TDS (Total Dissolved Solid), pH, besi, nitrat, fosfat, mangan, klorida dan Total Coliform.. Volume besarnya pemanfaatan airtanah di wilayah penelitian pada tahun 2015 untuk kebutuhan domestik penduduk yaitu sebesar 638.932 m3/tahun, dan besar pemanfaatan airtanah sebesar 9% dari besarnya ketersediaan airtanah. Teknik pengelolaan dengan pemanenan air hujan dan lubang resapan biopori.
Kata Kunci: Kuantitas airtanah, Kualitas airtanah Sub DAS Kali kuning, pemanenan air hujan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kuantitas airtanah, Kualitas airtanah Sub DAS Kali kuning, pemanenan air hujan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 May 2017 03:55
Last Modified: 05 Dec 2023 02:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item